Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Program Power Point Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Melalui Praktik Membuat Presentasidi Kelas Vii F Smp Negeri 1 Kabupaten Sorong

  • Suleman Gais Mareti
Keywords: program power point, presentasi, pemahaman siswa, TIK, SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teori mengenai program power point serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan program power point melalui praktik membuat presentasi.  Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa telah terjadi peningkatan hasil perbaikan pembelajaran.  Sebelum perbaikan, siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 75 ada 8 siswa dari 32 siswa atau 25%.  Pada perbaikan siklus I meningkat menjadi 10 siswa dari 32 siswa atau 31,25%.  Kemudian pada perbaikan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 12 siswa dari 32 atau 37,5%.  Melalui perbaikan pembelajaran ternyata sangat diperlukan dalam proses pembelajaran.  Dari hasil perbaikan yang telah dilaksanakan oleh guru dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Learning, serta mengoptimalkan media pembelajaran dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pelajaran TIK tentang standar kompetensi melakukan pembuatan program aplikasi berbasis presentasi dalam pemecahan masalah perbandingan dengan skala, indikator memecahkan masalah skala di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Supriyanto. K T S P 2006.Teknologi Informasi &Komunikasi. Semarang: Yudhistira
Mulyadi Sumantri dan Syaodih. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
L P K BUDIMAN.2002. WINDOWS + OFFICE.
TIM MGMP TIK Kota Semarang. 2009/2010. LKS TIK Kelas VII Semester II. Semarang: Sarana Ilmu.
TIM MGMP TIK Kota Semarang. 2010/2011. LKS TIK Kelas VII Semester II. Semarang: Sarana Ilmu.
Published
2018-01-05