Upaya Meningkatkan Kemampuan Menggunakan Program Power Point Dalam Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Melalui Praktik Membuat Presentasidi Kelas Vii F Smp Negeri 1 Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap teori mengenai program power point serta untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan program power point melalui praktik membuat presentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa telah terjadi peningkatan hasil perbaikan pembelajaran. Sebelum perbaikan, siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 75 ada 8 siswa dari 32 siswa atau 25%. Pada perbaikan siklus I meningkat menjadi 10 siswa dari 32 siswa atau 31,25%. Kemudian pada perbaikan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 12 siswa dari 32 atau 37,5%. Melalui perbaikan pembelajaran ternyata sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Dari hasil perbaikan yang telah dilaksanakan oleh guru dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Learning, serta mengoptimalkan media pembelajaran dapat lebih meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pelajaran TIK tentang standar kompetensi melakukan pembuatan program aplikasi berbasis presentasi dalam pemecahan masalah perbandingan dengan skala, indikator memecahkan masalah skala di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong.
Downloads
References
Mulyadi Sumantri dan Syaodih. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
L P K BUDIMAN.2002. WINDOWS + OFFICE.
TIM MGMP TIK Kota Semarang. 2009/2010. LKS TIK Kelas VII Semester II. Semarang: Sarana Ilmu.
TIM MGMP TIK Kota Semarang. 2010/2011. LKS TIK Kelas VII Semester II. Semarang: Sarana Ilmu.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).