Investigasi Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Esai Ilmiah pada Mata Kuliah Composition and Essay Writing
Abstract
Penelitian ini didasari dengan adanya kebutuhan untuk menginvestigasi kemampuan mahasiswa dalam menulis esai ilmiah. Hal ini diperlukan sebagai bahan evaluasi mata kuliah Composition and Essay Writing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan mahasiswa dalam menulis esai ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Tahun Akademik 2020/2021 yang berjumlah sebanyak 56 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis esai ilmiah dan wawancara. Setelah data dikumpulkan, peneliti menganalisis hasil tes dengan menggunakan rubrik penilaian serta tabel kategori nilai. Kemudian, peneliti menjelaskan data yang diperoleh dari hasil wawancara secara deskriptif. Setelah data dikumpulkan, ditemukan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menulis esai ilmiah pada mata kuliah Composition and Essay Writing dikategorikan ke dalam kemampuan yang baik dengan nilai rata-rata 81. Kemudian, dari hasil wawancara ditemukan informasi bahwa mahasiswa cukup memahami dan menguasai keahlian menulis. Sebagai kesimpulan, kemampuan mahasiswa dalam menulis esai ilmiah pada mata kuliah Composition and Essay Writing adalah merupakan kemampuan menulis yang baik.
Downloads
Copyright (c) 2021 M. Fadhly Farhy Abbas, Herdi Herdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).