Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Iv Sd Inpres 15 Malawele Aimas Kabupaten Sorong

  • Agustina Jitmau
Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, pendekatan Kooperatif, Jigsaw, SD Inpres

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas bagi siswa kelas IV SD Inpres 15 Malawele Aimas di Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan PTK. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) kualitas pembelajaran menggunakan tipe Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan sebesar 76,19%. Rata –rata hasil belajar siswa pada siklus I 6,43 dan ketuntasan individu mencapai 19,09 %  sehingga belum memenuhi indikator keberhasilan yang ingin ditetapkan (75%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 6,76. Sementara, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus III sebesar 7,43.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa.(2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana.(2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan.(2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono.(2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY .Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Published
2017-01-15