Manfaat Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kehadiran Siswa Di Sekolah Pada Siswa Kelas Kelas Viii Smp N 1 Kabupaten Sorong Semester Ii (Genap) Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Coiroel umi
Keywords: konseling kelompok, kehadiran siswa, SMP N 1 Kabupaten Sorong

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran siswa di sekolah melalui layanan konseling kelompok. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengubah tingkat kedisiplinan terutama kehadiran siswa di sekolah. Penelitian dilakkan pada siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas yang berjumlah 8 orang, metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif. DesainĀ  penelitian menggunakan model Kemmis Taggart dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dapat meningkatkan kehadiran siswa kelas VIII SMP N 1 Kabupaten Sorong semester II tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkanĀ  pada kondisi awal ada 8 siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas dan setelah mereka mendapatkan layanan konseling kelompok maka pada kondisi akhir tinggal 2 orang siswa yang sering tidak masuk kelas atau meningkat sebesar 75 % dari kondisi sebelumnya. Selanjutnya untuk siswa yang belum mengalami perubahan maka akan diberikan layanan konseling individu, supaya mereka dapat mengatasi masalah yang dialami sehingga dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djumhur, I. dan Moh. Surya (1975).Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung CV Ilmu
Mugiarso,H. dan Sinta Saraswati,(2007). Model Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Bahan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Guru Pembimbing Universitas Negeri Semarang
Prayitno dan Erman Amti.(1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta:
Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sukiman. (2013). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing.Yogjakarta:
Paramitra Pubishing .
Suyanto . (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Winkel,WS.(1991).Bimbingan dan Penyuluhan di Institusi Pendidikan.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Published
2017-01-15