Manfaat Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kehadiran Siswa Di Sekolah Pada Siswa Kelas Kelas Viii Smp N 1 Kabupaten Sorong Semester Ii (Genap) Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kehadiran siswa di sekolah melalui layanan konseling kelompok. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mengubah tingkat kedisiplinan terutama kehadiran siswa di sekolah. Penelitian dilakkan pada siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas yang berjumlah 8 orang, metode penelitian komparatif menggunakan analisis deskriptif. DesainĀ penelitian menggunakan model Kemmis Taggart dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dapat meningkatkan kehadiran siswa kelas VIII SMP N 1 Kabupaten Sorong semester II tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkanĀ pada kondisi awal ada 8 siswa kelas VIII yang sering tidak masuk kelas dan setelah mereka mendapatkan layanan konseling kelompok maka pada kondisi akhir tinggal 2 orang siswa yang sering tidak masuk kelas atau meningkat sebesar 75 % dari kondisi sebelumnya. Selanjutnya untuk siswa yang belum mengalami perubahan maka akan diberikan layanan konseling individu, supaya mereka dapat mengatasi masalah yang dialami sehingga dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik.
Downloads
References
Mugiarso,H. dan Sinta Saraswati,(2007). Model Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Bahan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) Guru Pembimbing Universitas Negeri Semarang
Prayitno dan Erman Amti.(1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta:
Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sukiman. (2013). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing.Yogjakarta:
Paramitra Pubishing .
Suyanto . (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia
Winkel,WS.(1991).Bimbingan dan Penyuluhan di Institusi Pendidikan.Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).