Upaya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tolak Peluru Melalui Permainan Persegi Geser Pada Siswa Kelas X Sma Eklesia Kabupaten Sorong Tahun 2014 Jontua Butar Butar SMA YPK Eklesia Kabupaten Sorong Email: Butar2Jontua@gmail.com
Abstract
Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMA YPK Eklesia Kabupaten Sorong dalam mengikuti pembelajaran Olahraga Tolak Peluru. Objek penelitian adalah siswa SMA YPK Eklesia Kabupaten Sorong Kelas X tahun 2014. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model permainan persegi geser dalam pembelajaran Olahraga Tolak Peluru, terbukti keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan hasil belajar mengalami peningkatan. Hasil belajar Olahraga Tolak Peluru yang dicapai adalah terdiri dari 3 domain yakni: afektif, psikomotor, dan kognitif. Skor rata-rata kelas untuk 3 domain tersebut adalah 74.95. Penguasaan siswa tentang keterampilan Olahraga Tolak Peluru (psikomotor) juga mengalami kemajuan yang progresif mulai pre-tes, siklus I dan siklus II dengan skor rata-rata kelas yang didapat adalah sebagai berikut: 30, 55 dan 85. Hal ini juga diikuti oleh peningkatan rata-rata jauhnya tolakan yaitu: pre-tes 4.93 meter, siklus I 5.18 meter, dan siklus II 5.86. Data angket pada pretes menunjukkan bahwa siswa yang merasa senang dan sangat senang sebanyak 30%, sedangkan data postes sebanyak 50%.
Downloads
References
Baron, Robert.A., & Berny, Donn. (2004). Psikologi sosial (edisi kesepuluh). Jilid 1. (terjemahan Ratna Djuwita, dkk). England: Pearson Education, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2003).
Bucher, C.A. (1983). Foundations of physical education & sport (6th ed). London: The C.V. Mosby Company.
Gallahue, D.L., & Ozmun, J.C. (1998). Understanding motor development infants, children, adolescents, adult (4th ed). USA: Indiana University.
Garcia, Clersida., & Garcia, Luis. (October 2006). A motor-development and motor-learning perspective. Journal of Physical Education, Recreation & Dance. Reston. Vol 77, Iss.8; pg. 31 3pgs. Diambil 4 Mei 2010, dari http://proquest.umi.com/pqdweb.
Gerungan, W.A. (2004). Psikologi sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. (1997). An introduction to theories of learning (5th ed). USA: Prentice-Hall, Inc.
Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. (2008). Theories of learning (Teori belajar). (terjemahan Tri Wibowo). USA: Prentice-Hall, Inc. (buku asli diterbitkan tahun 2008).
Hibama S. Rahman. (2005). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
IAAF. (1990). Techniques of atletics and teaching progressions. England: Hopf/MH/NS IFS Gottingen.
IRP British Colombia. (2007). Introdution to physical education 8 to 10. Diambil 4 Mei 2010, dari http://proquest.umi.com/pqdweb.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner (3th ed). Victoria: Deakin University.
Krech, D., Crutchfield, R.S., & Ballachey, E.L. (1963). Individual in sociaty a textbook of social psykology. USA: McGraw-Hill Book Company, Inc.
Lampiran II Kepmendikbud Nomor 060/U/1993 Tanggal 25 Pebruari. (1993). Kurikulum pendidikan dasar, GBPP SLTP. Mata pelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikbud.
McGinnis. (2005). Biomechanics of sport and exercise. (2nd ed). Champaign, IL: Human Kinetics.
Menuk Hardaniwati, dkk. (2003). Kamus pelajar sekolah lanjutan tingkat pertama. Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas.
NASPE. (2005). Physical best activity guide: middle and high school levels. Champaign, IL: Human Kinetics.
Nicole., & Uyen. (2009). Javelin. Diambil 5 Mei 2010, dari http://www.u.arizona.edu/~banken/javelin.html.
Pasca Sarjana UNY. (2008). Pedoman tesis dan disertasi program pascasarjana UNY. Yogyakarta: UNY.
Permen Diknas RI Nomor 23. (2006). Standar kompetensi lulusan untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Mendiknas.
Poerwadarminta, W.J.S. (1976). Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Rosenberg, M.B., & Kaplan, H. (1982). Sosial psychology of the self-concept. USA: Formerly AHM Publishing Corporation.
Schmidt, R.A., & Lee, T.D. (2005). Motor control and learning a behavioral emphasis (4th ed). Champaign, IL: Human Kinetics.
Schmidt, R.A., & Wrisberg, C.A. (2004). Motor learning and performance. (3th ed). Champaign, IL: Human Kinetics.
Seifert, K.L. & Hoffnung, R.J. (1987). Child and adolesscent development. USA: Houghton Mifflin Company.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).