Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong
Abstract
: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Prosedur penelitian dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan dan monitoring, serta analisis dan refleksi. Teknik penelitian melalui teknik tes dan non-tes dengan analisisnya adalah aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian telah mampu menjawab rumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika kelas VIII G semester 2 SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2014/2015. Keadaan tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa: 1) kemampuan guru dalam melaksanakan aspek-aspek proses belajar mengajar pada siklus II berkategori sangat baik dan 2) nilai ulangan siswa untuk setiap siklus senantiasa mengalami peningkatan secara signifikan, sampai dengan siklus terakhir menunjukkan 87,5% siswa mendapat nilai ulangan yang telah memenuhi kriteria belajar tuntas dengan nilai lebih dari atau sama dengan 67 (KKM) lebih dari 85 %.
Downloads
References
Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiono. 1999. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supandi. 1992. Peranan Guru dalam Proses Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Wiyanto. 2008. Pembelajaran Inovatif. Buku Ajar : PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2008, UNNES.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).