Pemanfaatan Permainan Snake And Ladder Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bicara Siswa Dalam Bahasa Inggris Melalui Di Kelas Vii-A Smp Negeri 5 Kota Sorong
Abstract
Snake and Ladder merupakan suatu permainan yang dikenal siswa sejak lama dan kegiatan yang menyenangkan, serta pada permainan awalnya banyak melibatkan siswa untuk berbicara selama permainan. Dengan modifikasi permainan Snake and Ladder dalam Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan permainan ini dapat meningkatkan kemampuan bicara siswa dalam bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Sorong yang berjumlah 40 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari pengolahan hasil tes performa formatif dalam 2 siklus menunjukkan durasi bicara siswa meningkat rata-rata 8 menit, penguasaan kosakata lebih banyak dengan penggunaan diksi yang lebih baik dan benar, ide dan gagasan dapat lebih tersampaikan dengan baik. Sementara itu, dari hasil wawancara menunjukkan siswa lebih termotivasi untuk bicara dan pembelajaran dirasakan menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa snake and ladder mampu meningkatkan kemampuan bicara siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Sorong dalam bahasa Inggris.
Downloads
References
Dirjen Dikdasmen, 2004 Materi Pelatihan Terintegrasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris, Jakarta
Lie, Anita, 2002, Cooperative Learning, Surabaya
Susilo, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta
Suherman, Erman, 2004, Penelitian Tindakan Kelas, Tasikmalaya
Suyanto, Kasihani, 2003, Contextual teaching and Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa, Malang
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).