Pemanfaatan Metode Eksperimen, Metode Tugas Atau Resitasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Jenis Makanan Hewan Bagi Siswa Kelas Iv Di Sd Inpres 17 Kabupaten Sorong Tahun 2013

  • Wadirah Wadirah
Keywords: metode eksperimen, resitasi, identifikasi, SD Inpres 17 Kabupaten Sorong

Abstract

hewan bagi siswa kelas IV di SD Inpres 17 Kabupaten Sorong melalui pemanfaatan metode eksperimen, metode tugas atau resitasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan metode eksperimen, metode tugas atau resitasi dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa. Peningkatan kemampuan mengidentifikasi jenis makanan hewan dapat dilihat melalui aspek mendengarkan penjelasan pada siklus I sebesar 76% meningkat menjadi sebesar 100% pada siklus II. Partisipasi dalam mencatat penjelasan siklus 1 sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 96% pada siklus II. Partisipasi dalam memperhatikan pembelajaran siklus I sebesar 68% meningkat menjadi sebesar 84% pada siklus II. Partisipasi dalam bertanya siklus I sebesar 60% meningkat menjadi sebesar 92% pada siklus II. Partisipasi dalam menjawab pertanyaan siklus I sebesar 68% meningkat menjadi sebesar 92% pada siklus II. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Published
2017-01-15