Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Viib Smp It Nurul Yaqin Kabupaten Sorong
Abstract
Keterampilan menulis surat pribadi pada kelas VII B SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi perlu dilakukan dengan teknik yang tepat. Dalam hal ini guru sebagai fasilator berperan penting dalam memilih teknik pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi. Teknik pembelajaran cooperate dengan metode examples non examples diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam empat tahap meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil di atas menunjukkan bahwa pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan metode examples non examples pada siswa kelas VIIB SMP IT Nurul Yaqin kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/2016 berjalan dengan baik dan telah melampaui target ketuntasan dalam penelitian tindakan kelas ini.
Downloads
References
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Lado, Robert. 1964. Language Teaching. US: MC Grow Hill.
Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Sapari, Nia Kurniati. 2008. Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP dan MTs. Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).