Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Dengan Menggunakan Model Examples Non Examples Pada Siswa Kelas Viib Smp It Nurul Yaqin Kabupaten Sorong

  • Suyatna Suyatna
Keywords: Surat pribadi, metode examples non examples, keterampilan menulis, SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong

Abstract

Keterampilan menulis surat pribadi pada kelas VII B SMP IT Nurul Yaqin Kabupaten Sorong sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh teknik pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa bosan pada saat mengikuti pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis surat pribadi perlu dilakukan dengan teknik yang tepat. Dalam hal ini guru sebagai fasilator berperan penting dalam memilih teknik pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi. Teknik pembelajaran cooperate dengan metode examples non examples diharapkan dapat meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam empat tahap meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil di atas menunjukkan bahwa pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan metode examples non examples pada siswa kelas VIIB SMP IT Nurul Yaqin kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/2016 berjalan dengan baik dan telah melampaui target ketuntasan dalam penelitian tindakan kelas ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Byrne, Doom. 1988. Teaching Writing Skill. London: Longman. Esia. Jakarta: IKAPI.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Lado, Robert. 1964. Language Teaching. US: MC Grow Hill.
Liang Gie, The. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.
Sapari, Nia Kurniati. 2008. Kompetensi Berbahasa Indonesia SMP dan MTs. Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2017-01-15