Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong
Abstract
berpartisipasi sehingga pembelajaran menjadi bermakna. Sementara itu, partisipasi belajar siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong pada mata pelajaran IPA masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa melalui metode tutor sebaya dalam mata pelajaran IPA siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong. Partisipasi belajar siswa berupa partisipasi kontributif maupun inisiatif. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong yang berjumlah 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi belajar dalam pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Muhammadiyah Aimas Kabupaten Sorong melalui metode tutor sebaya. Rata-rata partisipasi belajar yang diperoleh sebesar 84,26% dengan peningkatan 21,30% dari siklus sebelumnya. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata partisipasi belajar siswa dari sebelum tindakan sampai siklus II secara berturut-turut 48,96% dan 62,96% dengan peningkatan sebesar 14%.
Downloads
References
Anggoro, M. Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
________. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Asy’ari, Maslichah. 2006. Penerapan Pendekatan Sains – Teknologi – Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di SD. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
B, Suryo Subroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bachri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah, B. Uno. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdyakarya.
Mulyono. 2011. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press.
Samatowa, Usman. 2006. Bagaimana Membelajarkan IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusa Media dan Nuansa.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukidin, dkk. 2007. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.
Sulistyarini, Sri. 2007. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Kiara Wacana.
Suparno, Paul. 2004. Guru Demokratis di Era Reformasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Taniredja, Tukiran, Irma Pujiati dan Nyata. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).