Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Pecahan Kelas III MI AL MA’ARIF Kota Sorong

  • Hartini Hartini
Keywords: Hasil Belajar, CTL, Matematika, pecahan, MI Al Ma’arif Kota Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI AL-MA’ARIF Kota Sorong pada mata pelajaran Matematika dengan pokok Pecahan dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III MI AL-MA’ARIF Kota Sorong Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini  dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan (observasi), dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 84% (baik). Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase 93% (baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I rata-rata persentase 70,5% (baik). Pada siklus II persentase aktivitas siswa menjadi 85,5% (baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 63% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 82% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II > 75% sehingga dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan materi pecahan di MI AL-MA’ARIF Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Depdiknas. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah.
Eko, Susanto. 2008. http://eko13.wordpress.com/2008/03/18/jenis-datadan- metode- pengumpulan-data/. (11 feb 2012)
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Rosda
I, Nyoman Gita.2007. Jurnal Penelitian. Implementasi Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Sekolah Dasar http://www.freewebs.com/santyasa/Lemlit/ PDF_Files/ PENDIDIKAN/AGUSTUS2007/ I_Nyoman_Gita.pdf
Pusat Bahasa.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Smith, Mark dkk.2009 Teori Pembelajaran dan Pengajaran. Jogjakarta:Mirza Media Pustaka
Sriyono. 2008. Aktivitas dan Prestasi Belajar. http://ipotes.wordpress.com/2008/05/24/prestasi-belajar/ (11 Feb 2012)
Suliyanto, Joko. 2010. Makalah. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. FIP, IKIP PGRI Semarang
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Uno, Hamzah B.2010. Model Pembelajaran.Jakarta: Bumi Aksara.
Winataputra, Udin S. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Yamin, Martinis.2007.Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press
Published
2018-07-10