Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya Kompetensi Dasar Operasi Hitung Pecahan Dalam Pemecahan Masalah Pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Imas Eni
Keywords: prestasi belajar,tutor sebaya, operasi hitung pecahan

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika melalui pembelajaran tutor sebaya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah pada Kelas VI SD Inpres 35 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika khususnya kompetensi dasar operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah melalui pembelajaran tutor sebaya. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM dalam tiap siklus dan persentase aktivitas kelas. Terbukti dari kondisi awal dengan nilai rata-rata awal atau pra siklus sebesar 64 yang tuntas 57% dan yang tidak tuntas 43%. Siklus I nilai rata – rata 69 yang tuntas 71% dan yang belum tuntas 29%. Pada siklus I belum mencapai ketuntasan karena tuntas tuntas jika hasilnya 85%. Sehingga diadakan siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata menjadi 81 dan mencapai ketuntasan 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aria, Djalil. 1997. Teori-teori Perkembangan. Surabaya : Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (Permen Mendiknas No. 22, No. 23, dan No. 24 Tahun 2006). Jakarta: PT. Binatama Raya.
Cholik dan Sugijono. 2002. Matematika untuk SD Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
Sukandar, Siti M. Amin. 1995. Pembelajaran Matematika SD. Semarang: IKIP Negeri Semarang.
Suprayekti. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.
Surya, HM.1997. Pengajaran Remedial. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika. Semarang: FMIPA UNNES.
Published
2017-07-10