Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman Pada Siswa Kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan menulis Karangan berdasarkan pengalaman dengan metode tugas siswa kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah siklus Kemmis dan Mac.Taggart, meliputi siklus I dan siklus II yang terdiri atas empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa tindakan perbaikan pembelajaran metode tugas telah mampu meningkatkan kemampuan menulis karangan berdasarkan pengalaman pada siswa kelas V SD Inpres 55 Kabupaten Sorong tahun pembelajaran 2015/2016. Peningkatan tampak pada nilai rata-rata ketuntasan perorangan siswa pada siklus I meningkat ke siklus II di atas KKM dan peningkatan terjadi pada nilai rata-rata ketuntasan klasikal di atas KKM. Dalam kegiatan proses belajar mengajar suasana belajar juga tampak meningkat pada motivasi dan kerjasama dalam kelompok. Siswa merasa lebih senang dan nyaman. Peningkatan juga nampak pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran guru dari siklus I ke siklus II yang dinyatakan lebih baik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung : Balai Pustaka.
Moeliono, Anton. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Keraf, Goris. 1985. Karangan berdasarkan pengalaman dan Narasi. Jakarta : PT Gramedia
Martutik, Suparno. 1998. Wacana Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.Jakarta : Depdikbud.
Soejono, Ag. 1993. Metodik Khusus Bahasa Indonesia. Bandung : Bina Karya.
Soenarji. 1998. Azas-azas Menulis. Semarang: IKIP Semarang Press.
Suhadi. 1996. Memenangkan lomba mengarang. Jakarta : Balai Pustaka
Sumardjo, Jakub. 1994. Apresiasi Kesusasteraan . Jakarta : PT Gramedia.
Tarigan, Djago. 1986. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Usman, Uzer. 1990. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).