Peningkatan Pemahaman Tentang Lembaga Lembaga Negara Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas Iv Sd Negeri 15 Raja Ampat Kabupaten Raja Ampat Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Berdasarkan data hasil evaluasi belajar siswa tentang lembaga-lembaga Negara dapat diidentifikasi bahwa siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Raja Ampat mengalami kesulitan memahami lembaga–lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat dengan benar. Oleh karena itu, peneliti berusaha meningkatkan pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran PKn materi lembaga-lembaga Negara dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kela IV SD Negeri 15 Raja Ampat yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pada siklus I sebesar 62,5 atau 46,42% dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 90 atau 85,71%. Berdasarkan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Dengan demikian, penggunaan metode diskusi kelompok dalam pembelajaran tentang lembaga-lembaga Negara mata pelajaran PKn pada siswa kelas IV SD Negeri 15 Kabupaten Raja Ampat meningkat.
Downloads
References
Hernawan, Asep H, dkk. 2006. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sumantri, Mulyani. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdibud Dirjen Dikti Proyek PGSD
Wardani, I.G.A.K, Wiharditka dan nasoetion, N. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Wahyudin, H. Dinn, dkk. 2004. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, Udin. S. 2006. Materi dan Pembelajaran PKn SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Zainul, Asmawi, dan Maulana, Agus . 2005. Tes dan Assessment di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).