Penerapan Strategi Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 07 Kabupaten Sorong

  • Pius Kosamah
Keywords: trategi pembelajaran, Student Team Achievement Division

Abstract

: Pada umumnya pelajaran Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit, menakutkan, kurang menarik, membosankan bagi sebagian siswa di semua jenjang pendidikan di Indonesia. Hal ini juga terjadi pada peserta didik di SD Inpres 07 Kabupaten Sorong Semester II dengan standar kompetensi melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah.  Kompetensi dasar memecahkan masalah perbandingan dan skala, indikator memecahkan masalah skala. Dari hasil ulangan tes formatif Matematika kelas VI semester II hanya 3 siswa dari 13 siswa yang  mendapatkan nilai di atas 65. Hal ini menunjukkan pembelajaran kurang berhasil. Untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran Matematika maka diadakan perbaikan pembelajaran Matematika melalui PTK sebanyak 2 siklus dengan menerapkan Student Team Achievement Division  (STAD). Dari data pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat peneliti rangkum, bahwa telah terjadi peningkatan hasil perbaikan pembelajaran.  Sebelum perbaikan, siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 65 ada 3 siswa dari 13 siswa atau 23,07%. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I meningkat menjadi 8 siswa dari 13 siswa atau 61,54 %.  Kemudian pada perbaikan siklus II lebih meningkat lagi menjadi 12 siswa dari 13 yang telah tuntas KKM setara dengan 92,31%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darsono Max, dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Semarang Press.
Ibrahim , Muslimin, dkk, 2000. Pembelajaran Kooperatif, UNESA , Surabaya.
Mulyadi Sumantri dan Syaodih. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Universitas Terbuka.
Prangbakat Didik, dkk. 1991. Pintar Matematika untuk Sekolah Dasar.
Wardani, I.G.K.K, Kuswaya Wihardit, Nochi Nasution. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Wina Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidik. Kencana, Jakarta.
Published
2017-07-10