Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemic Covid 19

  • Ahmad Saefuddin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ajat Rukajat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yayat Herdiana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pendidikan Agama Islam; Kemandirin Belajar; Hasil Belajar, Pandemic

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemic Covid 19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel penelitian sebanyak 32 siswa kelas V di SDN 2 Nagrikidul Purwakarta. Pengumpulan data menggunakan angket menggunakan aplikasi googleform dan dokumen hasil belajar siswa. Analisis data mengguakan bantuan SPSS versi 25 mencakup analisis deskriptif, uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa dalam kondisi kategori cukup (3,33). Hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI secara daring di masa pandemic berada pada kategori cukup (78,13). Hasil uji signifikansi menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) 0,004 < α 0,05, dengan nilai koefisien korelasi 0,532 dan koefisien determinasi 0,283. Ini menunjukkan terdapat hubungan positif kemandirian belajar dengan hasil belajar PAI sebesar 28,3% sedangkan sisanya 71,7% ditentukan variable lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ahmad Saefuddin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

Ajat Rukajat, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

Yayat Herdiana, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Afiqoh, N. W. (2021). Journal UMGESHIC Universitas Muhammadiyah Gresik Engineering, Social Science, and Health International Conference Vol 1 No 1 2021. 1(1), 114–129.
Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, D. A. (2017). the Influence of Independence Learning To Natural Sciences Learning Outcomes. 126–143.
Ambiyar, A., Aziz, I., & Melisa, M. (2020). Perbedaan Kemandirian Belajar Siswa Pada Masa Pandemi di SMAN 1 Lembah Melintang dan SMAN 1 Lembah Gumanti. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1246–1258. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.367
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Bilda, W., & Fadillah, A. (2020). An Analysis of Students in Independent Learning of Analytic Geometry During the COVID-19 Pandemic. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 4(2), 166. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i2.2575
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smkn 1 Cihampelas. Journal On Education, 3(1), 91–95.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. SAGE Publication. Inc.
Ellis, R. A., & Bliuc, A. M. (2019). Exploring new elements of the student approaches to learning framework: The role of online learning technologies in student learning. Active Learning in Higher Education, 20(1), 11–24. https://doi.org/10.1177/1469787417721384
Fahradina, N., Ansari, B. ., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok Nova. Jurnal Didaktik Matematika, 01(01), 303–323.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754
Prasetyo, B. W. (2021). Kemdikbudristek: 407.000 Sekolah dan 56 Juta Siswa Terdampak Pandemi. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/nasional/769773/kemdikbudristek-407000-sekolah-dan-56-juta-siswa-terdampak-pandemi
Prayuda, R., Thomas, Y., & Basri, M. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran KhatulistiWA, 3(8).
Rahman, U., Idris, R., Majid, A. F., & Sulasteri, S. (2021). The Influence of Interest and Independence of Learning on Student Math Learning Outcomes Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar. 3(1), 24–37.
Ramadhan, A. (2021). Kemendikbud Akui Pembelajaran Jarak Jauh Menurunkan Kualitas Belajar. Kompas.Com. https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/14201841/kemendikbud-akui-pembelajaran-jarak-jauh-menurunkan-kualitas-belajar
Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. . (2013). Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 1(1), 26–36. https://doi.org/10.17509/wapfi.v1i1.4891
Sari, P. P., Hidayah, N., Najibufahmi, M., & Pekalongan, U. (2021). Pengaruh Kemandirian dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 01(01), 71–82.
Sikirit, D. (2020). Learning from home during the COVID-19 pandemic With her school closed, 6-year-old Moreyna strives to continue learning at home in Papua. UNICEF Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/coronavirus/stories/learning-home-during-covid-19-pandemic
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methode). Alfabeta.
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan Tindakan. Refika Adhitama.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39. https://doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Susanna, D. (2020). When will the COVID-19 pandemic in indonesia end? Kesmas, 15(4), 160–162. https://doi.org/10.21109/KESMAS.V15I4.4361

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878
Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407
Uki, F., & Ilham, A. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 89. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.89-95.2020
Widianti, M. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Sma Di Kota Depok Jawa Barat. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(Volume 10), 42–53. https://doi.org/10.23969/literasi.v10i1.2052
Yamin. (2012). Desain Baru Pembelajaran Konstruktivistik. Referensi.
Zahro, I. F., & Amalia, R. (2021). Deskripsi Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid. Attanwir: Jurnal Keislaman Dan …, 12(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/article/view/50
Published
2022-01-06