Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam: Peluang dan Tantangan di Sekolah Dasar

  • Sa Dea Tullatifah Hartono Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Masykur H. Mansyur Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Kosim Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Online, Peluang dan Tantangan

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 mengintruksikan proses pembelajaran PAI di sekolah dasar harus dilakukan secara online pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peluang dan tantangan guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran online PAI di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD dilingkungan KKG Gugus 1 Singawinata kabupaten Purwakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa mendapatkan beberapa peluang dan tantangan dalam melaksanakan proses pembelajaran PAI secara online di masa pandemi Covid-19.  Peluang untuk guru dan siswa sekolah dasar adalah (1) Kemampuan teknologi, (2) pembelajaran lebih mudah diakses, (3) memperluas referensi pembelajaran. Sementara itu, tantangan yang dihadapi oleh guru sekolah dasar dan siswa dalam pembelajaran online selama pandemi Covid-19 adalah (1) kesulitan mencapai pembelajaran tujuan, (2) gangguan jaringan, (3) biaya tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Masykur H. Mansyur, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

Abdul Kosim, Universitas Singaperbangsa Karawang

Dosen Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang

Published
2022-01-06