Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan Siswa Kelas 1 Sd Negeri 4 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan pada pembelajaran Matematika kelas 1 siswa SD Negeri 4 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 4 Kabupaten Sorong dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada proses pembelajaran pada siklus I, bahwa proses pembelajaran Matematika memperlihatkan bahwa tingkat pemahaman siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM kelas 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 68% atau hanya 15 anak yang tuntas dari 22 anak. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan perubahan peningkatan pemahaman siswa pada materi Matematika yakni sebesar 85% atau sebanyak 19 siswa yang tuntas belajarnya dan terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 86,36%.
Downloads
References
Taufik, Agus, Hera L. Mikarsa, Puji L. Prianto. 2011. Pendidikan Anaka di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, dkk. 2011. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, Kuswaya Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, udin. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).