Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengurutkan Bilangan Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Bilangan Siswa Kelas 1 Sd Negeri 4 Kabupaten Sorong Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Satnauli Sirait
Keywords: urutan bilangan, Matematika, alat peraga, kemampuan siswa, SD Negeri 4 Kabupaten Sorong

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengurutkan bilangan dengan menggunakan alat peraga kartu bilangan pada pembelajaran Matematika kelas 1 siswa SD Negeri 4 Kabupaten Sorong tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 4 Kabupaten Sorong dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada proses pembelajaran pada siklus I, bahwa proses pembelajaran Matematika memperlihatkan bahwa tingkat pemahaman siswa secara klasikal masih dibawah standar KKM kelas 60 dan nilai rata-rata kelas adalah 68% atau hanya 15 anak yang tuntas dari 22 anak. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan perubahan peningkatan pemahaman siswa pada materi Matematika yakni sebesar 85% atau sebanyak 19 siswa yang tuntas belajarnya dan terjadi peningkatan rata-rata kelas sebesar 86,36%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Karso, dkk. 2003. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Univeristas Terbuka
Taufik, Agus, Hera L. Mikarsa, Puji L. Prianto. 2011. Pendidikan Anaka di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, dkk. 2011. Teknik Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani, Igak, Kuswaya Wihardit. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka
Winataputra, udin. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Published
2018-07-10