Pengintegrasian Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Aljabar Dan Aritmetika Sosial Di SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan karakter siswa, serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kabupaten Sorong sebanyak 30 orang. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik tes dan non-tes dengan menganalisis aktivitas mengajar guru dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan nilai karakter siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini dilihat dari persentase siswa yang berada pada tahapan perkembangan mulai berkembang meningkat pada setiap pertemuan, yaitu 28%, 36%, 56% dan 72%. Terjadi peningkatan prestasi siswa, pada tes awal sampai tes siklus dua yaitu: 28%, 64%, 76%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pengintegrasian pendidikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan nilai karakter siswa serta meningkatkan kemampuan siswa menjadi manusia yang mandiri, kreatif dan berwawasan kebangsaan.
Downloads
References
Direktorat Pembinaan SMP. 2010. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas.
Kesuma, Dharma, dkk. 2011.Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung. Remaja Rosdakarya
Nuharini, Dewi. 2008.Matematika Konsep dan Aplikasinya untuk SMP / MTs kelas VII. Jakarta. Depdiknas
Raka, Gede, dkk . 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah Dari Gagasan Ke Tindakan. Jakarta. Media Komputindo
Rosida. 2009. Penunjang Belajar Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VII . Jakarta : Depdiknas
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
W.J.S. Poerwodarminto. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Wintarti, Atik, dkk. 2008. Contextual Teaching and Learning Matematika: Sekolah Menengah Pertama Kelas VII . Jakarta: Depdiknas Manik,
Zuchdi, Darmiyati, dkk. 2010. Pendidikan karakter dengan pendekatan komperhensif. Jogjakarta. UNY Pres
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).