Penggunaan Metode Bervariasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Matematika Tentang Bilangan Romawi Di Sd Inpres 1 Kabupaten Sorong
Abstract
Peningkatan hasil belajar siswa sangat tergantung pada metode pembelajaran dan alat peraga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Matematika tentang Bilangan Romawi di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres 1 Kabupaten Sorong yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Setelah dilakukan penelitian menggunakan 2 siklus, tujuan pembelajaran dapat tercapai pada siklus ke II dengan ketuntasan mencapai 25 % pada hasil penilaian proses dan pada tes formatif meningkat menjadi 75 %, yang berarti ketuntasan belajar sudah meningkat diatas standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) belajar siswa di SD Inpres 1 Kabupaten Sorong.
Downloads
References
Arsyad, Azhar, 2011, Media Pembelajaran, Rajawali Press, Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional
Eko, Purwanto. 2010. Hakekat Matematika. www.smansa.sch.id. (online) diakses tanggal 10 Oktober 2012.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT Bumi Aksara
Hermawan, Asep hery, dkk. 2009. Pengembangan Kurikulum dan Pemblejaran. Jakarta : Universitas Terbuka
Muhaimin, 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhsetyo, Gatot. 2007. Pembelajaran Matematika SD Jakarta : Universitas Terbuka.
Mulyasa. 2011 Parktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : Remaja Rosdakarya
Majalah Pendidikan . 2011. Hakekat Matematika. www.majalahpendidikan.com (online) diakses tanggal 10 Oktober 2012
Sudijono Anas. 1999. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperatif Learning, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).