Analisis Bentuk Kemandirian Anak Di Desa Gondosari

  • Khintan Putri Aryani Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Syaffruddin Kuryanto Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muria Kudus
Keywords: Kemandirian, Anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kemandirian anak di Desa Gondosari. Metode penelitan yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Adapun sumber data primer adalah 5 anak dan orang tua di Desa Gondosari. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui dokumentasi, catatan penelitian, dan pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kemandirian anak di Desa Gondosari dapat dilihat pada saat anak melakukan aktivitas sehari-hari melalui tujuh indikator kemandirian anak yaitu: (1) kemampuan fisik, (2) percaya diri, (3) bertanggung jawab, (4) disiplin, (5) pandai bergaul, (6) saling berbagi, (7) dan mampu mengendalikan emosi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak-anak di Desa Gondosari sudah menunjukkan kemandiriannya tetapi dibeberapa poin anak-anak terlihat masih kurang mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariansyah, M,. Juarsa, O., & Hambali, D. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Kemandirian Belajar Kelas V SDN Gugus 4 Kabupaten Rejang Lebong. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2 (2). 126-134.

Chairilsyah, D. (2019). Analisis Kemandirian Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 88-98.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Nasucha, A., Nur’aini, T. A., & Indriawati, P. (2019). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah Ditinjau Dari Ibu Bekerja Dan Ibu Rumah Tangga Di Sekolah Alam Jabalussalam Balikpapan Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Edueco, 2 (1), 1-4.

Nihayati, I., Ismaya, E. A., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitan, 1 (11), 2395-2402.

Nova, D. D. R., & Widiastuti, N. (2019). Pembentukan Karakter Mandiri Anak Melalui Kegiatan Naik Transportasi Umum. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(2), 113-118.

Poerwadarminto, W. J. S. (1986). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ridwan, M. H., & Mudiono, A. (2017). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Wahana Sekolah Dasar, 25 (1), 1-7.

Sari, M., Ahmad. A., & Rahmi. (2020). Pengembangan Karakter Mandiri Anak Usia Dini Di TK Aisyiyah Bustanul Arhfal Batoh Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 5 (2), 98-108.

Suardani, L., Pudjawan, K., & Tirtayani, L. A. (2016). Perbedaan Tingkat Kemandirian Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dilihat Dari Status Pekerjaan Ibu Di Kelurahan Banyuning. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4 (2).

Utami, T. W. P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender. Jurnal Ilmiah Potensia, 4 (2), 151-160.

Widyanti, I. F., Sudarma, I. K., & Riastini, P. N. (2017). Kecenderungan Kualitas Rasa Percaya Diri Siswa Kelas V Sd Negeri 2 Sukasada Kabupaten Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5 (2), 1-10.

Yamin, M., & Sanan, S. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yanti, S. (2016). Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 8 Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 3 (2).

Yuliani, A., Hufad, A., & Sardin. (2014). Penanaman Nilai Kemandirian Pada Anak Usia Dini (Studi Pada Keluarga Di Rw 05 Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Beber Cirebon). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2).

Published
2022-01-06