Implementasi Kebijakan Organisasi PGRI dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Di Kecamatan Wagir Kabupaten Malang

  • Lilik Yuniastutik
Keywords: organisasi profesi, profesionalisme

Abstract

Dalam penelitian ini , pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan tentang: 1) Dasar kebijakan organisasi PGRI cabang Wagir 2) Fungsi dan peran PGRI cabang Wagir sebagai tempat terhimpunnya segenap guru dan tenaga kependidikan lainnya merupakanorganisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila, bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis, 3) upaya yang dilakukan PGRI dalam mengembangkan profesionalisme guru antara lain dengan adanya program-program yang dibagi dalam beberapa bidang (bidang umum, organisasi, dan kaderisasi, bidang profesi dan pendidikan, bidang
ketenagakerjaan dan kesejahteraan, bidang pendidikan agama, bidang pemberdayaan perempuan, bidang pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar dan generasi muda, bidang olah raga dan seni budaya, bidang advokasi dan hukum, bidang keuangan)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2002), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Cipta.
Ashkanasy, Celeste P.M. Wilderom, dan Mark F. Peterson (eds), Handbook of Organizational Culture and Climate. California: Sage.
Barnard, C.I, (1968), The Functions of Executive, Cambridge: Harvard University Press
Basumi dalam Soetjipto, (2009), Profesi Keguruan, Jakarta: Rineka Cipta.
Blongger, O. (2010). Sejarah Singkat Lahir PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), Diakses 25 November 2010, dari http://www.kaskus.us/showthread,php?=6050131
Bungin, Burhan. (2007), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Press
Danim, S. (2000). Pengantar Studi Penelitian Kebijakan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
DEDs MaDe Blogs, (2011), Peran PGRI dalam Memperjuangkan Nasib Guru dan Meningkatkan Profesionalisme Guru, Diakses 22 Januari 2012, http://dedsmade.blogspot.com /2011/01/makalah-tentang-peran-pgriDunsire, A. (1973). Administration : The Word and the Science. Oxford : Martin Robertson.
Gerloff, E. A. (1985). Organizational Theory and Design : A Strategic Approach For Management. Singapura : McGraw-Hill.
Hermawan, S.R. (1989), Etika Keguruan. Suatu Pendekatan Terhadap Profesi dan Kode Etik Guru Indonesia, Jakarta: PT Margi Hayu.
Hicks, Herbert G and Gullett C. Ray, (1976), The Management of Organization,New York: MacGrawHill Company.
Ikatan Konselor Indonesia, (2008), dalam Akhmad Sudrajad, Menanti Peran Aktif Organisasi Profesi, diakses 8 Maret 2009 dari http://akhmadsudrajad.wordpress.com /author/akhmadsudrajad/
Kresno, Agus, (2010), Panduan Metodologi Penelitian, Malang: UMM
Kusdi, (2009), Teori Organisasi dan Administrasi, Jakarta: Salemba Humanika.
Majchrzak, A. (1984). Methods for Policy Research. Beverly Hills – London – New Dehli: Sage Publications.
Miles, M.B. dan Huberman, A.M. 1992, Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang MetodeMetode Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Pers)
Published
2013-01-15