Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Al Wathaniyah Jombang

  • Umi Nurhayati
Keywords: pendidikan karakter, kegiatan sehari-hari

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa dalam implementasi pendidikan karakter di MI Islamiyah Al Wathaniyah melalui tiga pedoman pelaksanaan yaitu: 1) metode pelaksanaan; 2) Pelaksanaan di sekolah yang terdiri dari: a) kegiatan sehari – hari di kelas; b) budaya sekolah.; 3) Kegiatan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fudyartanta, Ki, (2000). Acuan Wawasan Pendidikan Budi Pekerti Dalan Rangka Pengembangan Kebudayaan Nadional Indonesia. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Isna Aunillah, Nurla, (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Kaarakter di Sekolah. Jogjakarta:Laksana.
Kemendiknas. (2010). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Lickona, T. (1992). Educating for character, How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Cimangis: IHF.
Moleong, L.J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya..
Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Noor Syam, Mohammad. (1986). Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.
Slamet, (2010). Peranan Kepala Madrasah Untuk Peningkatan Kinerja Guru Di MIN Bancong Kab. Madiun. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sondari, Sri. (2011). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter di SMP Satu Atap Ar Rohmah Kabupaten Malang. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suparno dkk, (2002). Model Pendidikan Karakter Bangsa.
Syafaruddin, (2008). Effektifitas Kebijakan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2013-01-15