Evaluasi Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar Negeri Wangunrejo Kabupaten Lamongan
Abstract
Ada tiga hal dari analisis berbagai kelompok dalam membahas mutu pendidikan di negeri ini. Pertama, menyangkut pemberdayaan guru. Memberdayakan guru untuk memiliki keterampilan untuk dapat mengubah paradigma pola pengajaran yang signifikan kualitas pendidikan diharapkan. Kedua, kesejahteraan guru masih jauh dari makmur akan sangat berpengaruh pada keseriusan karyanya. Ketiga, karena kurikulum yang tidak berharga, yang selalu
mengalami peningkatan. Untuk menjawab permasalahan diatas diperlukan suatu evaluasi kompetensi guru dalam rangka untuk mengetahui sejauh mana kontrol kompetensi profesional guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif. Teknik ini memeriksa validitas data ditentukan oleh kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas,
andconfirmability. Data di lapangan umum bahwa menunjukkan bahwa aspek kompetensi profesional guru di SDN Wangunrejo dianggap cukup.
Downloads
References
Danim, Sudarwan (2002). Inovasi Pendidikan: Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia. ------------------------ (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru, Bandung:Alfabeta.
Depdiknas (2006). Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses 9 Februari 2003 dari http: //www. Depdiknas .go.id/inlink.
Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas (2003). Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.
Dunn, William, N. (2003) .Pengantar Kebijakan Publik, Edisi kedua. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).