Efektivitas Inovasi Media Replika Metamorfosis dalam Pokok Bahasan Pertumbuhan dan Perkembangan Hewan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pada pembelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan hewan di sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan SMP PGRI Salawati di Kabupaten Sorong. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2013. Sampel yang digunakan adalah semua kelas VIII A 19 siswa dan VIII B 21 siswa pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dan siswa kelasVIII A 23 siswa dan kelas VIII C 17 siswa pada sekolah SMP PGRI Salawati. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil uji validitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,596 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,490 menyatakan instrumen valid untuk digunakan sebagai alat uji. Uji reliabilitas di SMP N 2 Salawati diperoleh 0,747 dan di SMP PGRI Salawati diperoleh 0,658 menyatakan instrumen reliabel. Uji normalitas diperoleh hasil yang menyatakan data normal. hasil uji hipotesis pada sekolah SMP Negeri 2 Salawati dengan perhitungan nonparametrik diperoleh hasil yakni 0,033 < 0,05 yang berarti media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pemebelajaran. Uji hipotesis dengan perhitungan nonparametrik pada sekolah SMP PGRI Salawati diperoleh 0,018 < 0,05 hasil penelitian disimpulkan bahwa media replika metamorfosis efektif digunakan untuk pembelajaran biologi dalam pokok bahasan pertumbuhan dan perkembangan hewan.
Downloads
References
Arif Nasution, 2000, Demokrasi dan Problema Otonomi Daerah, Mandar Maju, Bandung.
Dimayanti, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gillespie dan Spirt 1973, Creating A School Media Program, New York & London, RR Bowker Company.
Gulo, W. 2004. Metodologi Penelitian. Grasindo. Jakarta.
Hamalik, O., 2007. Dasar-Dasar Pengemangan Kurikulum. Bandng: PT. Remaja Rosdarkarya.
Kountur, Ronny.2007. Metodologi Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. 2006.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhilal, O. 2010.Meneropong Problem Pendidikan Di Indonesia Refleksi Hari Pendidikan Nasional. Bandung: Universitas Padjadjaran.
Partino,. H. R. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Jogjakarta: Pustaka Mahasiswa.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjono Anas. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta, CV. Bandung.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tim Abdi Guru, 2007. IPA Terpadu untuk SMP Kelas VIII. Penerbit Erlangga.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).