Kecerdasan Emosional Pendidik dalam Al-Qur’an
Abstract
Kecerdasan emosional dalam al Qur’an disamakan dengan al-ahlaq al al-karimah. Setelah diselaraskan dengan ayat-ayat-Nya, diperoleh kesimpulan yaitu; Pertama, untuk menumbuhkan kesadaran diri, seorang pendidik harus mengenali dirinya sendiri, mensyukuri nikmat dengan memaksimalkan potensi yang dimilikinya, merumuskan tujuan hidup (visi) yang jelas, mengambil pelajaran dari suatu peristiwa, dan ber-islah memperbaiki diri. Kedua, pengendalian diri dapat dilakukan dengan bersikap sabar, istiqamah, senantiasa ber-istigfar, dan tawadu’. Ketiga, motivasi diri dapat ditempuh dengan berprasangka baik terhadap ketetapan Allah, percaya bahwa Allah swt menjanjikan kemudahan dan nikmat-Nya sangat luas, setiap usaha akan mendatangkan hasil, tidak bersikap lemah, setiap problem telah diukur kadarnya, dan senantiasa mengobarkan semangat. Keempat, empati dapat dipupuk dengan meniru sifat-sifat Allah swt seperti pengampun, mengasihi, melindungi, berbicara dengan lunak, santun, lemah lembut, menegur dengan baik, bijaksana, halus, mempermudah urusan sulit, menampakan cinta dan memaafkan. Kelima, kecakapan sosial dapat dibentuk dengan membiasakan bersilaturrahmi, bersikap adil, berbuat kebaikan (ihsan), memberi ucapan selamat (tahni’ah), saling menolong dalam kebaikan (ta’awun), dan saling menasehati (nasaha).
Downloads
References
Agustian, Ary Ginanjar, ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga, 2004.
-----------, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Penerbit Arga, 2001.
Al Gazalī, Ihyā' 'Ulūm ad Dīn, Bairut: Dār al Fikri, 1989, Cet. ke-2.
al-Qathan, Manna’ Khalil, Mabahits fi Ulumul Quran, tt Masyurah al-Asyr, 1073.
Asad, Muhammad, The Message of The Qur’an, Giblartar: Dar al-Andalus, 1980.
Azra, Azzumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
CD-ROM Mausu’ah al-Hadis al-Syarif al-Kutub al-Tis’ah, versi. 2 (t.tp; Global Islamic Software Company, 1997.
CD-ROM. Al-Qur’an al-Karim, versi 6.5. Mesir: Sakhr, 1997.
Chatib, Munif, Sekolahnya Manusia, cet. IV, Bandung: Kaifa, 2009.
Danim, Sudarwan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ (New York: A. Bantam Books, 1996
----------------, Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ lebih Penting daripada IQ, terj. T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
----------------, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Prestasi, terj. Alex T. Kantjono, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Langgulung, Hasan, Islamisasi Pendidikan, Kuala Lumpur: IIUM, 2000.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).