Kecerdasan Emosional Pendidik dalam Al-Qur’an

  • Khasanah Khasanah
Keywords: kecerdasan emosional, pendidik

Abstract

Kecerdasan emosional dalam al Qur’an disamakan dengan al-ahlaq al al-karimah. Setelah diselaraskan dengan ayat-ayat-Nya, diperoleh kesimpulan yaitu; Pertama, untuk menumbuhkan kesadaran diri, seorang pendidik harus mengenali dirinya sendiri, mensyukuri nikmat dengan memaksimalkan potensi yang dimilikinya, merumuskan tujuan hidup (visi) yang jelas, mengambil pelajaran dari suatu peristiwa, dan ber-islah memperbaiki diri. Kedua, pengendalian diri dapat dilakukan dengan bersikap sabar, istiqamah, senantiasa ber-istigfar, dan tawadu’Ketiga, motivasi diri dapat ditempuh dengan berprasangka baik terhadap ketetapan Allah, percaya bahwa Allah swt menjanjikan kemudahan dan nikmat-Nya sangat luas, setiap usaha akan mendatangkan hasil, tidak bersikap lemah, setiap problem telah diukur kadarnya, dan senantiasa mengobarkan semangat. Keempat, empati dapat dipupuk dengan meniru sifat-sifat Allah swt seperti pengampun, mengasihi, melindungi, berbicara dengan lunak, santun, lemah lembut, menegur dengan baik, bijaksana, halus, mempermudah urusan sulit, menampakan cinta dan memaafkan. Kelima, kecakapan sosial dapat dibentuk dengan membiasakan bersilaturrahmi, bersikap adil, berbuat kebaikan (ihsan), memberi ucapan selamat (tahni’ah), saling menolong dalam kebaikan (ta’awun), dan saling menasehati (nasaha).

Downloads

Download data is not yet available.

References

An Nahlawī, Abdurrahman, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam, (Usūl at Tarbiyah al Islāmiyah wa asālībuhā), terj. Herrỳ Noer Ali, Jakarta: CV Diponegoro, 1989.
Agustian, Ary Ginanjar, ESQ Power: Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan, Jakarta: Penerbit Arga, 2004.
-----------, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, Jakarta: Penerbit Arga, 2001.
Al Gazalī, Ihyā' 'Ulūm ad Dīn, Bairut: Dār al Fikri, 1989, Cet. ke-2.
al-Qathan, Manna’ Khalil, Mabahits fi Ulumul Quran, tt Masyurah al-Asyr, 1073.
Asad, Muhammad, The Message of The Qur’an, Giblartar: Dar al-Andalus, 1980.
Azra, Azzumardi, Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002.
CD-ROM Mausu’ah al-Hadis al-Syarif al-Kutub al-Tis’ah, versi. 2 (t.tp; Global Islamic Software Company, 1997.
CD-ROM. Al-Qur’an al-Karim, versi 6.5. Mesir: Sakhr, 1997.
Chatib, Munif, Sekolahnya Manusia, cet. IV, Bandung: Kaifa, 2009.
Danim, Sudarwan, Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Goleman, Daniel, Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ (New York: A. Bantam Books, 1996
----------------, Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ lebih Penting daripada IQ, terj. T. Hermaya, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
----------------, Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Prestasi, terj. Alex T. Kantjono, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003.
Langgulung, Hasan, Islamisasi Pendidikan, Kuala Lumpur: IIUM, 2000.
Published
2013-07-15