Efektifitas Media Charta Hasil Inovasi Berbasis Lampu Digital pada Pelajaran Biologi Materi Sistim Organ Manusia
Abstract
Media carta berbasis lampu digital telah diteliti penerapannya pada sekolah MTs Negeri Mariai, SMP Negeri 11 Aimas dan MTs Al-Ma’arif 01 Aimas tanggal 8 bulan 4 tahun 2013 untuk mengetahui efektifitas dari media pelajaran pada mata pelajaran biologi pokok pembahasan sistem organ pada manusia. Metode penelitian ini adalah kuantitatif yang sistematik. Sampel dibedakan menjadi satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen tiap-tiap sekolah. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis, angket siswa, observasi teman sejawat dan dokumentasi. Uji analisis diberlakukan untuk menghitung validilitas, normalitas dan reabilitas. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh nilai validitas yakni instrumen tes tertulis secara umum dapat dinyatakan valid. Uji reabilitas diperoleh 0,713 yang menandakan bahwa reabil, sedangkan uji normalitas diperoleh 0,079 sampai 0,777 yang menandakan data hasil tes normal. Hasil analisis uji t diperoleh untuk sekolah MTs Negeri Mariai t hitung yakni 5,74992 dan t tabel yakni 2,01365 maka dinyatakan efektif. Hasil di sekolah SMP Negeri 11 Aimas diperoleh t hitung yakni 6.67707, t tabel yakni 2,0042 maka dinyatakan efektif , sedang di sekolah MTs Al-Ma’arif 01diperoleh t hitung yakni 0.07084 t tabel yakni 2,0313 maka dapat dinyatakan tidak efektif.
Downloads
References
Arief S Sadiman, dkk. (2006). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Bloom, Benjamin S, (1956). Taxonomy of Educational objectives:The classificational goals. London: David mckay company, Inc.
Briggs, John B. (1984). “learning strategies, student motivation patterns, and subjectively percieved success. “dalam john R. Kirby (Ed). Cognitive strategies and Educational.
Crocker dalam Budiyono (2003). Pada penelitian uji validasi instrumen tes tertulis dilakukan dengan cara menggunakan aplikasi SPSS 19.
Daryono. (2008). Manajemen Perpustakaan. Tersedia dari: http://daryono.staff.uns. ac .id/2008/09 /24/ manajemen- perpustakaan/ (14/5/2010)
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Dick Walter dan Lou Carey. (1985). The Systematic Design of Instructional. London. Scoot, Foresman and Company.
Dwi mirnani p. (2010). Tata cahaya interior rumah tiggal. Bogor : PT penebar swadaya.
G ad. Jeodi .(2009) ilmu penddidikan dan antariksa jogjakarta kanisius
Hamalik, Oemar. (1995). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.
Nur, Hassan. (2007). Otomasi Perpustakaan http://librarycorner.org/2007/02/28/ otomasiperpustakaan/ diakses tanggal 11 Januari 2008.
Nur,Aedi. (2007).penelitian pendidikan. Bandung: UPIPRESS
Pasaribu, I. L. dan Simanjuntak. B. (1983). Metode Belajar dan kesulitan . BA
...........Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) 165 Penyelenggara Sertifikasi Guru Rayon 24 Universitas Negeri Makassar
Pratiwi. (2011). Mengapa lampu neon lebih terang http:// - lampu – neon – lebih - terang – dan – html [21 pebuari 2012].
Rustaman, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Sudarman. (2009).”peningkatan pemahaman dan daya ingat siswa melalui preview. Question, read, Refleect, ricite, dan review (PQ4R). “jurnal pendidikan inovatif.[online], vol 2(4), 67-72. Tersedia:http://jurnal jpi.wordpress. com \ 2009 \ 09 \ vol – 4 – no – 2 – Sudarman. Pdf [16 maret 2010 ].
Sudjana, Nana. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensido Offset.
Tomo.(2003). “mengingtegrasikan tehnik membaca SQ4R dan membuat catatan berbentuk graphic postorganizer dalam pembelajaran fisika. Disertai bidang Pendidikan ilmu Pengetahuan Alam.
Wardani I.G.A.K, dkk. (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Wibawa,B. dan Mukti, F. (1991), Media pembelajaran Jakarta: Depdikbud Rustaman, dkk. (2005). Strategi belajar mengajar Biologi. Malang : UM press.
Yusuf, Y., Natalina, M. Suryawati, E wulandari, S. Asiah, N. Sari, M. (2006).”upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi melalaui penggunaan peta konsep pada siswa kelas II4 SMP Negeri 2 Pekambaru Tahun ajaran 2004 / 2005. “jurnal biogenesis[online], vol 2 (2), 59-63. Tersedia: http: //www.Darmandiri. or.id \ yusufunsbab 2. Pdf [13 maret 2010].
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).