Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lok. al Materi HIV/AIDS terhadap Perilaku Seks Siswa SMP Di kota sorong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan muatan lokal materi HIV/AIDS di sekolah terhadap perilaku seks siswa SMP di Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian epidemiologi dengan pendekatan observasional serta metode yang digunakan rancangan cross-sectional dengan uji Chi-Square. Populasi siswa SMP kelas VIII dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menemukan tidak ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap pengetahuan (p=0,146), ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap sikap (p=0,016), tidak ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap pengetahuan HIV/AIDS (0,246), ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap sikap (p=0,013), ada pengaruh pengetahuan terhadap perilaku seks (p=0,024) dan ada pengaruh sikap terhadap perilaku (0,001). Sehingga disarankan kepada guru yang mengajar muatan lokal HIV/AIDS agar mengembangkan materi dan isi pembelajaran HIV/AIDS.
Downloads
References
Basri, H. 2000,Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Depkes RI.2005 Pedoman Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Puskesmas Direktorat Kesehatan Keluarga Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat.Jakarta.
Dianawati, Ajen 2003. Pendidikan Seks Untuk Remaja. Kawan Pustaka.Jakarta.
Diknas. Jakarta.2004.Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani. Pedoman Pelatihan dan Modul Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Educations).
Dirjen Binakesmas 2000. Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Materi pelatihan Bagi Petugas Kesehatan. Depkes RI. Jakarta.
Hikmah 2002. Tesis : Intensitas Komunikasi Orang Tua dan Remaja dengan Kesenjangan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi di SMA Taman MadyaYogyakarta. UGM.
I Nyoman Kandun 2007.Situasi Perilaku Berisiko dan Prevalensi HIV di Tanah Papua
Iryanti 3003. Tesis :Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi MelaluiMetode Pendidikan Sebaya Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Pencegahan KTD di SMKN 15 Bandung. UGM..
Julia Veronica 2009. Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru tentang pendidikan kesehatan reproduksi remajadi SMA dan SMK, PENCAWAN MEDAN (Tesis)
Notoatmodjo, S.2002. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sarwono, S. W. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 1995
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi Alfabeta Bandung.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).