Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lok. al Materi HIV/AIDS terhadap Perilaku Seks Siswa SMP Di kota sorong

  • Miftahudin Miftahudin
Keywords: Materi HIV/AIDS, Metode mengajar, pengetahuan, sikap dan perilaku HIV/AIDS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan muatan lokal materi HIV/AIDS di sekolah terhadap perilaku seks siswa SMP di  Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian epidemiologi dengan pendekatan observasional serta metode yang digunakan  rancangan cross-sectional dengan uji Chi-Square. Populasi siswa SMP kelas VIII dengan jumlah sampel 90 siswa. Hasil penelitian menemukan tidak ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap pengetahuan (p=0,146), ada pengaruh materi HIV/AIDS terhadap sikap (p=0,016), tidak ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap pengetahuan HIV/AIDS (0,246), ada pengaruh penerapan metode mengajar terhadap  sikap (p=0,013), ada pengaruh pengetahuan terhadap perilaku seks (p=0,024) dan ada pengaruh sikap terhadap perilaku (0,001). Sehingga disarankan kepada guru yang mengajar muatan lokal HIV/AIDS agar mengembangkan materi dan isi pembelajaran HIV/AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, S.1995. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta : Pustaka Fajar.
Basri, H. 2000,Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya.Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Depkes RI.2005 Pedoman Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja di Puskesmas Direktorat Kesehatan Keluarga Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat.Jakarta.
Dianawati, Ajen 2003. Pendidikan Seks Untuk Remaja. Kawan Pustaka.Jakarta.
Diknas. Jakarta.2004.Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani. Pedoman Pelatihan dan Modul Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Educations).
Dirjen Binakesmas 2000. Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) Materi pelatihan Bagi Petugas Kesehatan. Depkes RI. Jakarta.
Hikmah 2002. Tesis : Intensitas Komunikasi Orang Tua dan Remaja dengan Kesenjangan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi di SMA Taman MadyaYogyakarta. UGM.
I Nyoman Kandun 2007.Situasi Perilaku Berisiko dan Prevalensi HIV di Tanah Papua
Iryanti 3003. Tesis :Pengaruh Pendidikan Kesehatan Reproduksi MelaluiMetode Pendidikan Sebaya Terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja dalam Pencegahan KTD di SMKN 15 Bandung. UGM..
Julia Veronica 2009. Pengaruh metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap guru tentang pendidikan kesehatan reproduksi remajadi SMA dan SMK, PENCAWAN MEDAN (Tesis)
Notoatmodjo, S.2002. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sarwono, S. W. Psikologi Remaja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. 1995
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Administrasi Alfabeta Bandung.
Published
2013-07-15