Problematika Pendidikan di Indonesia (Telaah Aspek Budaya)

  • Mokhamad Ishaq Tholani
Keywords: Pendidikan, dampak budaya global, reparadigmatisasi pendidikan.

Abstract

Pendidikan  tidak dapat lepas dari aspek sosial, politik, ekonomi dan budaya, menganggap pendidikan sebagai sesuatu yang berdiri sendiri tanpa ada kaitannya dengan aspek sosial yang melingkupinya akan berakibat pada keterasingan pendidikan dalam realitas dunia nyata. Pendidikan yang merupakan salah satu sistem sosial, pada akhirnya juga mengalami dampak arus globalisasi. Beberapa dampak itu salah satunya terjadinya  perubahan logika pendidikan. Sekolah, Perguruan Tinggi yang semula merupakan pelayanan publik, bergeser menuju privatisasi pendidikan yang berujung komersialisasi. Sebagai investasi jangka panjang dalam pembangunan, pendidikan harus menghindarkan dampak negatif yang ditimbulkan laju arus globalisasi. Yakni dengan menawarkan reparadigmatisasi pendidikan sebagai upaya preventif, dan harus menjadi tanggung jawab semua komponen anak bangsa di negeri ini. Hal tersebut dapat ditempuh dengan cara; Pertama, demokratisasi dan desentralisasi pendidikan yang mengarah pada pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan pemerintah daerah (otonomi daerah). Kedua, konsep kesetaraan dan keseimbangan. Artinya antara satuan pendidikan yang dikelola pemerintah dan  yang dikelola masyarakat harus mempunyai hak sama dari pemerintah. Ketiga, peningkatan kesejahteraan dan kualitas pengajar atau guru. Keempat, meningkatkan komitmen pemerintah untuk tetap ambil bagian penting dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dhakiri, Moh. Hanif. Paulo Freire, Islam dan Pembebasan. Jakarta: Djembatan, 2000.
Drikarya. Drikarya; tentang Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1991.
Elmubarok, Zaim. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2008.
Lukmantoro,Triyono. PTN dalam Hegemoni Fundalisme Pasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Machali, Imam. Pendidikan Nasional dalam telikungan Globalisasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media & Presma F. Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2004.
Mulkan, Abdul Munir. Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan dan da’wah. Yogyakarta: Sipress, 1993.
Nitiprawiro, Wahono. Teologi Pembebasan, sejarah, metode, praksis, dan isinya.Yogyakarta: LKIS, 2000.
Tafsir, Ahmad. Pendidikan Tambal sulam, dalam www. “ Pikiran Rakyat Online”,15 Februari 2008.
Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi, Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004.
Wibowo, Agus. Malpraktek Pendidikan. Yogyakarta: Genta Press, 2008.
www.sociologyonline.co.uk/Global Gidden 1.htm.
Kenichi Ohmae, Berakhirnya Negara Bangsa, terj. Sunarto Ndaru Mursito, Jurnal Analisis CSIS XXV, no.2, 1996.
Suyomukti, Nurani. Pendidikan Berperspektif Global. Yogyakarta: Al-Ruzz Media, 2008.
Published
2013-07-15