Efektivitas Inovasi Alat Peraga Gigi dari Kayu dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia

  • Azhari Ridho
Keywords: gigi, kayu, sorong, inovasi, efektivitas.

Abstract

Penelitian inovasi alat peraga gigi dari kayu dilaksanakan dan diteliti dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi alat peraga gigi dari kayu dalam pembelajaran biologi pada pokok bahasan sistem pencernaa manusia.  Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan inovasi alat peraga gigi dari kayu. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, SMP Negeri 8 Sorong, dan SMP IT Nurul Yaqin. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIa 21 siswa dan VIIIb 19 siswa pada sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, siswa kelas VIIIc 16 siswa dan VIIIa 16 siswa pada sekolah SMP Negeri 8 Sorong, dan siswa kelas VIIIa 19 siswa dan VIIIb 32 siswa pada sekolah SMP IT Nurul Yaqin. Data yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah tes tertulis, angket dan observasi. Hasil  penelitian menyatakan sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas diperoleh nilai thitung = -3,657 sedangkan nilai ttabel = 2,0244. SMP Negeri 8 Sorong diperoleh nilai thitung = -1,494 sedangkan nilai ttabel = 2,0423. SMP IT Nurul Yaqin diperoleh nilai thitung = -2,493 sedangkan nilai ttabel = 2,0141. Dari ketiga sekolah dua diantaranya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel. Ini, berarti Ha diterima Ho ditolak atau hipotesis dinyatakan diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dardiri, Ahmad. (2005/2006). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: FIP UNY
DITSARDIK DEPDIKBUD (Direktorat Sarana Pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan). (1980)
Ertingsih, E. (1994). Landasan Tehnik Pengajaran Hitung SD. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Luvina Dwisang, Evi, (2008). Inti Sari Biologi untuk SMA. Tangerang: Scientific Press.
Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-ma’arif.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.
Surya, Mohammad. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: Jurusan PPB UPI.
Soelarko. (1995). Pengantar Foto Jurnalistik. Bandung: PT Karya Nusantara.
Sukayati. (2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Supervisepengajaran Untuk Sekolah Dasar. PPPG Matematika. Yogyakarta. 19 juni – 2 juli 2003.
Syaiful, Sagala. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo.
SISDIKNAS (sistem pendidikan nasional). (2003). UU RI No 20 Th 2003. Jakarta: sinar grafika.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugianto, Mikael. (2007). 36 Jam Belajar Komputer SPSS 15. Jakarta: Elex Media Komputindo
Published
2013-07-15