Efektivitas Inovasi Alat Peraga Gigi dari Kayu dalam Pembelajaran Biologi pada Pokok Bahasan Sistem Pencernaan Manusia
Abstract
Penelitian inovasi alat peraga gigi dari kayu dilaksanakan dan diteliti dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi alat peraga gigi dari kayu dalam pembelajaran biologi pada pokok bahasan sistem pencernaa manusia. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif dengan inovasi alat peraga gigi dari kayu. Populasi dalam penelitian ini adalah sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, SMP Negeri 8 Sorong, dan SMP IT Nurul Yaqin. Sampelnya adalah siswa kelas VIIIa 21 siswa dan VIIIb 19 siswa pada sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas, siswa kelas VIIIc 16 siswa dan VIIIa 16 siswa pada sekolah SMP Negeri 8 Sorong, dan siswa kelas VIIIa 19 siswa dan VIIIb 32 siswa pada sekolah SMP IT Nurul Yaqin. Data yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah tes tertulis, angket dan observasi. Hasil penelitian menyatakan sekolah MTs Muhammadiyah 2 Aimas diperoleh nilai thitung = -3,657 sedangkan nilai ttabel = 2,0244. SMP Negeri 8 Sorong diperoleh nilai thitung = -1,494 sedangkan nilai ttabel = 2,0423. SMP IT Nurul Yaqin diperoleh nilai thitung = -2,493 sedangkan nilai ttabel = 2,0141. Dari ketiga sekolah dua diantaranya nilai thitung lebih besar dari pada ttabel. Ini, berarti Ha diterima Ho ditolak atau hipotesis dinyatakan diterima.
Downloads
References
DITSARDIK DEPDIKBUD (Direktorat Sarana Pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan). (1980)
Ertingsih, E. (1994). Landasan Tehnik Pengajaran Hitung SD. Yogyakarta: PPPG Matematika.
Hamalik, Oemar. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Luvina Dwisang, Evi, (2008). Inti Sari Biologi untuk SMA. Tangerang: Scientific Press.
Marimba, Ahmad D. (1989). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-ma’arif.
Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.
Surya, Mohammad. (1992). Psikologi Pendidikan. Bandung: Jurusan PPB UPI.
Soelarko. (1995). Pengantar Foto Jurnalistik. Bandung: PT Karya Nusantara.
Sukayati. (2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Makalah Disajikan Dalam Pelatihan Supervisepengajaran Untuk Sekolah Dasar. PPPG Matematika. Yogyakarta. 19 juni – 2 juli 2003.
Syaiful, Sagala. (2009). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfbeta.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung:Sinar Baru Algesindo.
SISDIKNAS (sistem pendidikan nasional). (2003). UU RI No 20 Th 2003. Jakarta: sinar grafika.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugianto, Mikael. (2007). 36 Jam Belajar Komputer SPSS 15. Jakarta: Elex Media Komputindo
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).