Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X L.A (Electricity) SMKN 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Pariaman Nababan
Keywords: Meningkatkan Motivasi, Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika pada siswa kelas X L.A (Teknik Instalasi Tenga Listrik) SMK N 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X L.A yang berjumlah 29 Siswa. Melalui penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction (Pengajaran Langsung), pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Berkaitan dengan hal tersebut hasil belajar siswa cenderung akan meningkat. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar praktek siswa pada mata pelajaran Menguasai Alat Ukur  listrik dan Elektronika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada akhir siklus I didapat angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 70,89 dengan daya serap (DS) 70,89% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 56,6%. Sedangkan pada akhir siklus II angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 82,76 dengan daya serap (DS) 82,76% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 83,3%.Dengan jumlah skor respon siswa diperoleh sebesar 1339 sehingga skor rata-rata respon siswa sebesar 44, 63 dengan kategori fositif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alipandie, I. (1984). Didaktik Metodik Pengajaran Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Amin, Muhammad. (1988). Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Pratikum. Jakarta: P2LPTK.
Bahri, Syaiful. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud (1984). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengayaan Remedial. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mudjiono (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Partowisastro (1986). Diagnostik dan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.
Roestiyah, NK. (1988). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto (1995). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Jaya
Suparman, M. Atwi. (2001). Garis-Garis Besar Program Pengajaran dan Satuan Acara Pengajaran (GBPP & SAP). Jakarta: Universitas terbuka.
Surakhmad, Winarno. (1986). Pengajar Interaksi Mengajar Belajar. Edisi Ke Lima. Bandung: Tarsito.
Published
2016-01-15