Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika Pada Siswa Kelas X L.A (Electricity) SMKN 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi Belajar Mata Pelajaran Menguasai Alat Ukur Listrik dan Elektronika pada siswa kelas X L.A (Teknik Instalasi Tenga Listrik) SMK N 3 Sorong Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X L.A yang berjumlah 29 Siswa. Melalui penerapan metode pembelajaran Explicit Instruction (Pengajaran Langsung), pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah. Berkaitan dengan hal tersebut hasil belajar siswa cenderung akan meningkat. Berdasarkan analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar praktek siswa pada mata pelajaran Menguasai Alat Ukur listrik dan Elektronika. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada akhir siklus I didapat angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 70,89 dengan daya serap (DS) 70,89% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 56,6%. Sedangkan pada akhir siklus II angka pencapaian nilai rata-rata sebesar 82,76 dengan daya serap (DS) 82,76% dan ketuntasan Belajar (KB) sebesar 83,3%.Dengan jumlah skor respon siswa diperoleh sebesar 1339 sehingga skor rata-rata respon siswa sebesar 44, 63 dengan kategori fositif.
Downloads
References
Amin, Muhammad. (1988). Pedoman Laboratorium dan Petunjuk Pratikum. Jakarta: P2LPTK.
Bahri, Syaiful. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud (1984). Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengayaan Remedial. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mudjiono (1992). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Partowisastro (1986). Diagnostik dan Kesulitan Belajar. Jakarta: Erlangga.
Roestiyah, NK. (1988). Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto (1995). Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Jaya
Suparman, M. Atwi. (2001). Garis-Garis Besar Program Pengajaran dan Satuan Acara Pengajaran (GBPP & SAP). Jakarta: Universitas terbuka.
Surakhmad, Winarno. (1986). Pengajar Interaksi Mengajar Belajar. Edisi Ke Lima. Bandung: Tarsito.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).