Analisis Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Keliwumbu

  • Lusia Koja Kanga Universitas Flores
  • Aloisius Harso Pendidikan Fisika FKIP Universitas Flores
  • Yulius Saprianus Dala Ngapa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Flores
Keywords: Proses pembelajaran IPA, partisipasi siswa dan penilaian hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA  yang berlangsung di sekolah selama pendemi covid-19, partisipasi siswa dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dan penilaian hasil belajar siswa selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII B SMP Negeri Keliwumbu yang berjumlah 22 orang tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran IPA di SMP Negeri Keliwumbu selama masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara luring menggunakan sistem shift. pembelajaran secara luring dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery learning dengan pendekatan saintifik dan dipadukan dengan beberapa metode pembelajaran diantaranya metode Mind Mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan. Partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA selama masa pandemi baik. Siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran IPA. Penilaian hasil belajar IPA yang digunakan di SMP Negeri Keliwumbu selama masa pandemi tetap sesuai dengan kurikulum 2013 yang mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Hasil belajar IPA siswa mencapai KKM.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-18