Analisis Proses Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Keliwumbu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran IPA yang berlangsung di sekolah selama pendemi covid-19, partisipasi siswa dalam pembelajaran selama masa pandemi covid-19 dan penilaian hasil belajar siswa selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIII B SMP Negeri Keliwumbu yang berjumlah 22 orang tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan proses pembelajaran IPA di SMP Negeri Keliwumbu selama masa pandemi covid-19 dilaksanakan secara luring menggunakan sistem shift. pembelajaran secara luring dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Discovery learning dengan pendekatan saintifik dan dipadukan dengan beberapa metode pembelajaran diantaranya metode Mind Mapping, teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), diskusi kelompok, tanya jawab dan penugasan. Partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA selama masa pandemi baik. Siswa berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran IPA. Penilaian hasil belajar IPA yang digunakan di SMP Negeri Keliwumbu selama masa pandemi tetap sesuai dengan kurikulum 2013 yang mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan. Hasil belajar IPA siswa mencapai KKM.
Downloads
Copyright (c) 2022 Lusia Koja Kanga, Aloisius Harso, Yulius Saprianus Dala Ngapa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).