Pengaruh Layanan Pembelajaran Model Snowball Throwing dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Temon Tahun Pelajaran 2020/ 2021
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian layanan pembelajaran dengan model snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan analisis uji-t menggunakan bantuan software SPSS versi 18 for windows. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian yaitu sebanyak 56 siswa, diambil dengan menggunakan teknik quota random sampling dengan cara undian, dengan rincian 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel yang diteliti yaitu motivasi belajar. Pengumpulan data diambil melalui angket, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan independen sample t-test, penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui program SPSS versi 18 for windows. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh layanan pembelajaran dengan model snowball throwing terhadap motivasi belajar siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Temon Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021, dapat diterima dengan adanya hasil pembuktian t hitung sebesar 3,428 lebih besar dari t tabel sebesar 2,004 pada df = 54 dan taraf signifikansi 0,05.
Downloads
References
Jakarta : Rineka Cipta, 2014.
Gunarsa, Singgih. Dasar & Teori Perkembangan Anak. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia , 1990.
Huda, Miftakhul. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka
Pelajar, 2013.
Ikhlasmi, Rini. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Thowing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII MTS Al-Muttaqin Pekanbaru. Skripsi. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, 2013.
Marsudi, Saring. Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta : Muhammadiyah
University Pers, 2003.
Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2010.
Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Prasindo, 2016.
Noor, Juliansyah. Metode Penelitian : Skripsi, Thesis, Disertasi, dan KaryaIlmiah.
Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2011.
Nurihsan, Juntika Achmad. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai LatarKehidupan.
Bandung : PT. Refika Aditama, 2009.
Prayitno & Erman Amti. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2015.
S. Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Safitri, Dian. Metode Pembelajaran Snowball Throwing. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja GrafindoPersada,
2014.
Slameto. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta:Rineka
Cipta, 2002.
Sudjono, Anas. Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Grasindo, 2003.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta, 2016.
Sukardi, Dewa Ketut dan Desak. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT.Remaja
Rosdakarya, 2011.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. ,
2010.
Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta : Rajawali Pers, 2015.
Uno, B.Hamzah. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Winkel, W.S. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia, 2007.
Yusuf, Syamsu. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2010.
Copyright (c) 2022 Endah Rahmawati, Anita Dewi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).