Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi digital dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS terhadap hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumen nilai. Pengujian hipotesis dilakukan dengaan koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan literasi digital terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 dilihat dari hasil (Sig.) 0,027 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 34,3%. Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 dilihat dari nilai (Sig.) 0,031< 0,05. Koefisien Determinasi sebesar 28,9% sedangkan 71,1 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan literasi digital dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V SDN 3 Karangan Tahun Pelajaran 2020/2021
Downloads
Copyright (c) 2022 Moh. Ayat Efendi, Muhammad Hanif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).