Pengaruh Literasi Digital dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan

  • Moh. Ayat Efendi Universitas PGRI Madiun
  • Muhammad Hanif Pendidikan IPS Universitas PGRI Madiun
Keywords: literasi digital;pembelajaran daring; IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan literasi digital dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS terhadap hasil belajar IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumen nilai. Pengujian hipotesis dilakukan dengaan koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan literasi digital terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 dilihat dari hasil (Sig.) 0,027 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 34,3%. Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 dilihat dari nilai (Sig.) 0,031< 0,05. Koefisien Determinasi sebesar 28,9% sedangkan 71,1 % lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan literasi digital dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPS pada masa pandemi covid-19 siswa kelas V SDN 3 Karangan Tahun Pelajaran 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-18