Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Desain Interior- Universitas Komputer Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dosen di lingkungan Program Studi Desain Interior, Fakultas Desain, Universitas Komputer Indonesia terhadap kebijakan pemerintah dalam melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, melakukan survey dan wawancara mendalam kepada pihak yang disasar guna memperoleh tanggapan tentang pengkayaan materi ajar yang dilakukan. Hasil penelitian yang didapat adalah deskripsi tentang upaya-upaya yang dilakukan dosen terkait pengembangan kompetensi serta keterampilan mahasiswa ke dalam materi ajar selama penyelenggaraan kurikulum MBKM di program studi Desain Interior UNIKOM. Hasil penelitian ini penting karena dengannya dosen memiliki panduan dalam melakukan pengkayaan materi ajar yang bersinergi dengan kurikulum untuk mewujudkan capaian pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi institusi lain yang menyelenggarakan keilmuan desain pada umumnya dan desain interior pada khususnya dalam konteks penguatan kurikulum dan capaian pembelajaran MBKM.
Downloads
References
Mawardi, Amirah., Ondeng, Syarifuddin., Hanafy, Muh. Sain & Yaumi, Muhammad (2018). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran. Jurnal Tarbawi, 3(2), 93-110, from doi: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/
Mulyana, Deddy (2004a). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosda Karya
Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia 2017 No. 01, Dosen Yang Berkualifikasi S1
Permendikbud 2020 No 3, Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Copyright (c) 2022 Dina Fatimah, Tiara Isfiaty, Cherry Dharmawan, Ryanty Derwentyana, Febry Maharlika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).