Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Desain Interior- Universitas Komputer Indonesia

  • Dina Fatimah Universitas Komputer Indonesia
  • Tiara Isfiaty Universitas Komputer Indonesia
  • Cherry Dharmawan Universitas Komputer Indonesia
  • Ryanty Derwentyana Universitas Komputer Indonesia
  • Febry Maharlika Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, penguatan kurikulum, desain interior, pengkayaan materi ajar, kompetensi dan keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan dosen di lingkungan Program Studi Desain Interior, Fakultas Desain, Universitas Komputer Indonesia terhadap kebijakan pemerintah dalam melaksanakan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, melakukan survey dan wawancara mendalam kepada pihak yang disasar guna memperoleh tanggapan tentang pengkayaan materi ajar yang dilakukan. Hasil penelitian yang didapat adalah deskripsi tentang upaya-upaya yang dilakukan dosen terkait pengembangan kompetensi serta keterampilan mahasiswa ke dalam materi ajar selama penyelenggaraan kurikulum MBKM di program studi Desain Interior UNIKOM. Hasil penelitian ini penting karena dengannya dosen memiliki panduan dalam melakukan pengkayaan materi ajar yang bersinergi dengan kurikulum untuk mewujudkan capaian pembelajaran. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi institusi lain yang menyelenggarakan keilmuan desain pada umumnya dan desain interior pada khususnya dalam konteks penguatan kurikulum dan capaian pembelajaran MBKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmawiyati, Jati (2021). Telaah Kreativitas. Magister Psikologi Universitas Airlangga Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328217424

Mawardi, Amirah., Ondeng, Syarifuddin., Hanafy, Muh. Sain & Yaumi, Muhammad (2018). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Prestasi Akademik Dosen Terhadap Mutu Pembelajaran. Jurnal Tarbawi, 3(2), 93-110, from doi: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/

Mulyana, Deddy (2004a). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosda Karya

Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia 2017 No. 01, Dosen Yang Berkualifikasi S1

Permendikbud 2020 No 3, Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Published
2022-07-18