Tata Kelola Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI YAPINK 1 Bekasi

  • Laila Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hinggil Permana Universitas Singaperbangsa Karawang
Keywords: Tata Kelola, Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pendidikan

Abstract

Sarana dan Prasarana pendidikan merupakan suatu instrumen penting dalam pendidikan dan menjadi satu dari delapan standar nasional pendidikan. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan yang baik untuk dapat memberikan kenyamanan pada setiap warga sekolah dalam kegiatan belajar mengajar. Pendayagunaan dan pengelolaan manajemen sarana dan prasarana ini meliputi : perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan sarana dan prasarana di sekolah sehingga diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata kelola manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI YAPINK 01 Tambun dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk meneliti kondisi suatu objek alamiah, dimana peneliti merupakan instrumen kunci. Hasil penelitian menunjukkan tentang (1) Profil dan Kondisi Sarana dan Prasarana MI YAPINK 01 Tambun, (2) Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana di MI YAPINK 01 Tambun, (3) Pengadaan Sarana dan Prasarana di MI YAPINK 01 Tambun, (4) Pengelolaan Sarana dan Prasarana di MI YAPINK 01 Tambun, dan (5) Tata Kelola Manajemen Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI YAPINK 01 Tambun.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul. 2005. Pendidikan Agama dan Pengembangan Untuk Bangsa. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. hlm 63

Ananda, Rusydi, dan Oda Kinata Banurea. 2017. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Medan : CV. Widya Puspita.

Awaludin dan Saputra E. 2016. Sistem Informasi Manajemen Sarana Prasarana Sekolah (Studi Kasus : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak) Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, Vol.2, No. 2, Agustus 2016

Bafadal, I. 2004. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara

Harun, Cut Zahri dan Nasir Harun. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SD Negeri Lamteubee Aceh Besar. Universitas Syiah Kuala.

Indrawan, Irjus. 2015. Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta : Deepublish.

Insyirah, Rahmatul. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTS Muslimat NU Palangka Raya. IAIN Palangkaraya.

Kemenag. 2019. Madrasah Ibtidaiyah Swasta. < http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=madrasah&action=lbg&nss=11123216007 > [Diakses 26 Desember 2021]

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia. Hlm 31

Megasari, R. 2014. Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukittinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan Bahana Manajemen Pendidikan, Vol. 2, No.1, Juni 2014

Nasrudin dan Maryadi. 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Surakarta : Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol 13, No. 1, Hal 15-23.

Nurbaiti. 2015. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Bengkulu : Manajer Pendidikan, Vol 9, No. 4, Hal 536-546.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan.

Sari, Yuli Novita. 2017. Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pembelajaran di SMPN 1 Sapteronggo Kecamatan Bahuga Kabupaten Way Kanan. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sukardi. 2005. Metode Penelitian Pendidikan : Kompetensi dan Prakteknya, Jakarta : Bumi Aksara.

Utami, Delfi Citra. 2019. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan di SMA Negeri 1 Talang Padang Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus . Universitas Lampung.

Yogatama, Radiyan. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Published
2022-07-18