Pembelajaran CTL Sebagai Strategi Peningkatan General Life Skill Khususnya Kecakapan Berpikir Rasional Dan Kecakapan Berpikir Sosial
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Kabupaten Sorong dengan penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Dengan penerapan CTL adalah pembelajaran dapat meningkatkan kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa. Data kemajuan hasil tindakan diperoleh dari angket kecakapan berpikir rasional kecakapan sosial, lembar observasi KBM, observasi tanya jawab wawancara, learning logs, jurnal guru, dan hasil ulangan. Hasil tindakan menunjukkan pada tiap-tiap siklus kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial meningkat. Kecakapan berpikir rasional dan kecakapan sosial siswa pada kondisi awal sebesar 10%, dan 10% sedangkan pada akhir penelitian mencapai 80% dan 90%. Total pencapaian kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial pada akhir penelitian sebesar 85% melampaui batas perkiraan yaitu sebesar 75%, dengan demikian pembelajaran CTL teruji yaitu dapat meningkatkan general life skill pada kecakapan berpikir rasional dan kecakapan berpikir sosial. Respon siswa secara kualitatif menyenangkan dan materi mudah dipahami. Hasil ketuntasan belajar meningkat dari 25% menjadi 90% sedangkan kinerja guru juga meningkat dari 75% menjadi 95%.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).