Penerapan Metode Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Baahasa Inggris Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Dan Kemampuan Psikomotorik Siswa Sd Islam Terpadu Kota Sorong

  • Syams Kusumaningrum STKIP Muhammadiyah Sorong
  • Irna Ganda Setyawati
Keywords: snowball throwing, penguasaan kosakata bahasa Inggris, kemampuan psikomotorik.

Abstract

Snowball Throwing merupakan metode pembelajaran menggunakan media kertas bertuliskan suatu kata yang digulung berbentuk bola. Metode ini pada umumnya digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode snowball throwing terhadap penguasaan kosakata dan kemampuan psikomotorik pada pembelajaran Bahasa Inggris siswa SD Islam Terpadu Kota Sorong. Desain pada penelitian ini adalah eksperimen kuasi, yaitu Randomized Pre-Post Test Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok eksperimen dan kontrol yang masing-masing berjumlah 27 siswa. Terdapat dua instrumen dalam penelitian ini yaitu tes kosakata Bahasa Inggris dan tes kemampuan psikomotorik. Penelitian ini diuji menggunakan teknik non-parametrik, yaitu Mann Whitney U Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test.  Berdasarkan uji hipotesis 2 sampel berpasangan ditemukan bahwa ada nilai signifikansi penguasaan kosakata (p= 0,000) dan psikomotor (p=0,016) pada kelompok eksperimen lebih rendah dari batas kritis penelitian 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode snowball throwing berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kosakata Bahasa Inggris dan psikomotor siswa kelas 1 SD Islam Terpadu Kota Sorong.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-15