Meningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas

  • Surya Putra Raharja STKIP Muhammadiyah Sorong
Keywords: matematika, scientific, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Akutansi SMK Muhammadiyah Aimas dengan jumlah siswa 15. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Cooperatve Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, siklus I dilaksanakan 4 kali kegiatan pembelajaran yang dilangsungkan dengan tes siklus I, demikian juga siklus ke II dilaksanakan 4 kali kegiatan pembelajaran yang dilanjutkan dengan tes siklus II. Hasil tes siklus I dan siklus II dianalisis secara kuantitatif dan data hasil observasi siswa dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika kelas X SMK Muhammadiyah Aimas pada siklus I diperoleh rata-rata 59.44. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata 85,17. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan penerapan pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran Cooperatve Learning Tipe STAD dengan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah Aimas yang indikatornya berupa peningkatan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa dari kategori rendah pada siklus I sebesar 59,44 menjadi 85,17 pada siklus II yang berada pada kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-15