Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PPKN Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) pada Siswa Kelas Viii Smp Labschool Pulau Arar Kabupaten Sorong
Abstract
: Dalam pelaksanaan proses pembelajaran guru memilih dan menggunakan strategi, model dan media pembelajaran salah satunya yaitu dengan model pembelajaran STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Lab School Pulau Arar yang berjumlah 20 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui teknik tes dan teknik non tes. Teknik non tes yang digunakan adalah pengamatan, angket, dan dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap: membuat rencana penelitian, merencanakan tindakan, pengamatan, dan merefleksikan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Adapun peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam prestasi belajar siswa dari siklus I dan Siklus II. Pada siklus I prosentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pelajaran PPKn sebesar 40% atau 8 siswa dan pada siklus II sebesar 90% atau 18 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan.
Downloads
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).