Pengembangan Inovasi Pembelajaran IPA Menggunakan Modul Berbasis STAILM di MTs Muhammadiyah Jayapura

  • Desvita Astari Djamion 085254118361
Keywords: Pembelajaran IPA, Inovasi Berbasis STAILM, Mixed methods

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur   Pengembangan inovasi pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis STAILM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Jayapura. (2) Manfaat Pengembangan inovasi pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis STAILM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Jayapura. Metode dalam penelitian ini adalah mixed methods research model embedded. Hasil analisis data yang diperoleh adalah analisis n-Gain rata-rata hasil belajar kelas eksperimenn 0,73 kategori penguasaan konsep tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori penguasaan konsep sedang. Hasil analisis akhir untuk uji perbedaan, terlihat bahwa siq F hitung untuk Equal Variance assumed adalah 0.914, oleh karena siq F hitung  > 0,05, maka Ho diterima, artinya ada perbedaan penguasaan konsep antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan modul berbasis STAILM dengan kelas kontrol yang tidak diajar menggunakan modul berbasis STAILM. Hasil rata-rata nilai analisis deskriptif untuk modul berbasis STAILM dari RPP ke-1 – RPP ke-3 memiliki nilai 3 dengan kategori baik dan nilai 4 dengan kategori sangat baik, sehingga modul berbasis STAILM efektif digunakan dalam pembelajaran IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-23