Pengembangan Inovasi Pembelajaran IPA Menggunakan Modul Berbasis STAILM di MTs Muhammadiyah Jayapura
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Prosedur Pengembangan inovasi pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis STAILM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Jayapura. (2) Manfaat Pengembangan inovasi pembelajaran IPA menggunakan modul berbasis STAILM untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah Jayapura. Metode dalam penelitian ini adalah mixed methods research model embedded. Hasil analisis data yang diperoleh adalah analisis n-Gain rata-rata hasil belajar kelas eksperimenn 0,73 kategori penguasaan konsep tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori penguasaan konsep sedang. Hasil analisis akhir untuk uji perbedaan, terlihat bahwa siq F hitung untuk Equal Variance assumed adalah 0.914, oleh karena siq F hitung > 0,05, maka Ho diterima, artinya ada perbedaan penguasaan konsep antara kelas eksperimen yang diajar menggunakan modul berbasis STAILM dengan kelas kontrol yang tidak diajar menggunakan modul berbasis STAILM. Hasil rata-rata nilai analisis deskriptif untuk modul berbasis STAILM dari RPP ke-1 – RPP ke-3 memiliki nilai 3 dengan kategori baik dan nilai 4 dengan kategori sangat baik, sehingga modul berbasis STAILM efektif digunakan dalam pembelajaran IPA.
Downloads
Copyright (c) 2022 Desvita Astari Djamion
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).