Peran Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi di MTs Miftahul Huda Karawang
Abstract
Penelitian ini membahas tentang peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran di masa pandemi salah satunya kepala sekolah berperan sebagai supervisor. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan bagaimana peran kepala sekolah dalam manajemen pembelajaran yang ada di MTs Miftahul Huda karawang yang dapat peningkatan prestasi dimasa pandemic covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara untuk memperoleh data yang selaras dengan tujuan penelitian. Penelitian ini dilakukan selama KKN pada bulan September sampai November 2021 di MTs Miftahul Huda karawang. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa manajemen pembelajaran yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi secara keseluruhan relatif baik, ditandai dengan perencanaan yang meliputi program tahunan, semester, silabus, kalender pendidikan, dan RPP. bahan ajar, penggunaan berbagai metode dalam pembelajaran, seperti penyampaian materi berupa video animasi, kuis dan sebagainya. Adapun Faktor penghambat dalam penerapan manajemen pembelajaran ialah yang pertama muncul dari siswa sendiri dalam pembelajaran online di masa pandemic ada beberapa anak yang tidak memiliki handphone dan ada juga yang memiliki handphone namun terkendala oleh koneksi internet. Bahkan dengan penerapan pembelajaran daring secara jangka waktu lama juga bisa berkibat pada siswa yaitu banyak siswa yang merasa jenuh dan bosan terhadap pembelajaran secara daring.
Downloads
Copyright (c) 2022 Rudi Ramadhan, Hinggil Permana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).