Analisis Sikap Peserta Didik Terhadap Pembelajaran IPA Secara Online dan Tatap Muka Terbatas
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap peserta didik SMP Negeri 1 Tonra terhadap pembelajaran IPA yang dilakukan secara online dan tatap muka terbatas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tonra pada bulan Januari sampai dengan Februari 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Tonra yang berjumlah 364. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 peserta didik yang merupakan 20% dari jumlah populasi yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, yaitu angket sikap terhadap pembelajaran IPA secara online dan tatap muka terbatas. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan nilai frekuensi, persentase, mean dan standar deviasi yang digunakan dalam menentukan kecenderungan sikap peserta didik terhadap pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sikap peserta didik SMP Negeri 1 Tonra terhadap pembelajaran IPA yang dilakukan secara online dan tatap muka terbatas masing-masing berada pada kategori cukup baik.
Downloads
Copyright (c) 2023 Nurlia Nurlia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).