Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Mathla'ul Huda
Abstract
Kepala madrasah adalah orang yang berada digaris terdepan yang mengkoordinasikan upaya peningkatan pembelajaran yang bermutu. Mutu pendidikan hendaknya mampu menghasilkan lulusan yang terampil, mampu sesuai dengan tingkat kemampuannya, jujur dan yang terpenting lagi adalah moralnya yang baik. Peningkatan mutu pendidikan yang lebih berkualitas antara lain melalui pengembangan dan perbaikan kurikulum dan sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis yaitu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang sebagai objek penelitian dan prilaku yang dapat diamati sehingga merupakan rinci dari suatu fenomena yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kepemimpinan yang dijalankan kepala madrasah di MTs Mathla’ul Huda tergolong pada tipe kepemimpinan demokratis dimana kepala madrasah selalu mengadakan musyawarah kepada seluruh dewan guru, staf dan tata usaha dalam menetapkan setiap keputusan yang akan diambil.
Downloads
References
A’yuni, Q., (2016), Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kisaran dalam Pelaksanaan pekerjaan di kabupaten asahan, Jurnal Administrasi Publik, 7(1):64-76.
Basri, H. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Bandung: CV Pustaka Setia.
Danim, S. (2010). Kepemimpinan Pendidikan (kepemimpinan jenius (IQ+EQ), Perilaku Motivational dan mitos. Bandung: Alfabeta.
Harahap, Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: wal ashri publishing.
Hidayati, (2015). Kepemimpinan dan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tarbiyah.
Jelantik, K. (2012). Menjadi Kepala Sekolah Yang Profesional. Yogyakarta: Deepublish.
Jerry H. Makawimbang. (2012). Kepemimpinan Pendidikan Yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.
Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal al-hikmah, Vol.5
Maryati. (2016) Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Pendidikan, Quality, Vol.4(2), 170.
Mulyasa, E (2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurul H. (2016). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Priyono. 2016. Metodologi Penelitian. Sidoarjo: Zitafama Publishing.
Siregar, A.B., Kusmanto, H. Isnaini. (2016), Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Sekabupaten langkat tahun 2015, Jurnal Administrasi Publik, 6(1):13-19.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Copyright (c) 2022 Rizqi Abdul Muhaemin, Abubakar Umar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).