Implementasi Model Pembelajaran Connected Pada Materi Pantun Bertema Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI An-Nuur Cahaya Umat
Abstract
Pelajaran Bahasa Indonesia mampu memberikan model pembelajaran dengan kegiatan berbahasa secara integratif dengan memadukan keterampilan berbahasa. Namun implementasi model pembelajaran tersebut belum tentu diterapkan oleh setiap pendidik. Pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi pantun dianggap materi yang cukup mudah, maka minimnya pemahaman materi yang mengaitkan antara tema satu dengan tema lainnya dan penerapan pengembangan model pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran belum tercapai dengan optimal. Maka dari itu, perlu dilakukan tindakan yang mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan secara integratif siswa kelas V MI An Nuur Cahaya Umat yakni dengan model pembelajaran connected khususnya pada materi pantun bertema. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperoleh data deskriptif menggunakan metode observasi. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan implementasi peningkatan proses pembelajaran peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran connected pada materi pantun bertema pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran connected dapat dijadikan salah satu model pembelajaran atau cara kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan dalam implementasi pembelajaran connected siswa kelas V MI An Nuur Cahaya Umat menunjukkan (1)Pembelajaran lebih efektif (2)Siswa lebih aktif menyelesaikan tugas yang diberikan guru (3)Siswa mampu menemukan konsep yang berintegrasi pada beberapa tema dalam satu bahasan materi pembelajaran sehingga siswa cukup mampu memahami pembelajaran dengan pengalaman yang lebih bermakna.
Downloads
Copyright (c) 2023 Aiko 'Ula Al-Humaira, Aninditya Sri Nugraheni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).