Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Model Prototyping Berbasis Web (Studi Kasus SD Inpres 103 HBM Kota Sorong)

  • Indri Anugrah Ramadhani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Novita wulandari Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Ovalin Serly M. Kambu Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Perpustakaan; prototyping; Sistem Informasi

Abstract

Tujuan penelitian adalah melakukan perancangan sistem informasi perpustakaan menggunakan model prototyping dan menghasilkan sistem informasi perpustakaan yang valid serta efisien pada SD Inpres 103 HBM Kota Sorong.  Desain Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan R&D (Research and Development) Sedangkan model pengembangan sistem yang digunakan ialah prototyping. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi,wawancara, dan penyebaran angket atau kuesioner. Setelah melakukan perancangan sistem diuji menggunakan pengujian Black box dan pebgujian lapangan. Perolehan nilai berdasarkan analisis data meberikan  pertanyaan pada instrument dengan jumlah 10 point mendapat hasil 3,49 dari jumlah rata-rata setiap point dengan skala 1-4, berdasarkan teknik penilaian maka dapat disimpulkan bahwa perancangan sistem infromasi perpustakaan pada SD Inpres 103 HBM Kota Sorong berbasis web telah valid dan efisien untuk digunakan . Dengan adanya sistem informasi ini,diharapkan mampu mengatasi berbagai kebutuhan dari user untuk mencari buku dan melakukan pemesanan serta memudahkan administrasi sekolah dalam sirkulasi peminjaman buku maupun pembuatan laporan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, I. P. (2014). Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.
Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. (E. Risanto, Ed.). yogyakarta.
Cahyanti, D. N., Sudjana, N., & Azizah, D. F. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Solvabilitas Terhadap Audit Delay (Studi Pada Perusahaan LQ 45 Sub-Sektor Bank serta Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010–2014). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 68-73.
Cahyaningtyas, R., & Iriyani, S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Smp Negeri 3 Tulakan, Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 4(2).
Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Kasmirin, A. R. (2016). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus SMAN 1 Penengahan).
Mulyadi, D. (2011). Pengembangan sistem logistik yang efisien dan efektif dengan pendekatan supply chain management. Journal of Industrial Research (Jurnal Riset Industri), 5(3), 275-282.
Nugraha, F. (2014). Analisa dan perancangan sistem informasi perpustakaan. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(1), 27-32.
O’Brien J. A. & Marakas, G. M. (2013). Sistem Informasi Manajemen (Management Information System), Edisi 1, Buku 1.
Pratiwi, D., Hartini, S., & Marlina, S. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah SMK Yadika 13 Tambun Utara Berbasis WEB. Paradigma, 20(1), 53-58.
Rahmawati, N. A., & Bachtiar, A. C. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 14(1), 76-86.
Rusmawati, D. (2017). Strategi Promosi Perpustakaan Di Balai Layanan Perpustakaan Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah DIY (GRHATAMA PUSTAKA). Hanata Widya, 6(7), 37-46.
Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Penerbit Andi.
Uhise, J. R. (2013). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Penyaluran Kredit Pada BRI Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Published
2021-07-28