Pemanfaatan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan Bagi Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 Di SMK Negeri 1 Kota Sorong Tahun 2017

  • Kistana Kistana
Keywords: Metode Jigsaw, PrestasiBelajarMenangani Administrasi Keuangan, SMK Negeri 1 Kota Sorong.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan bagi siswaKelasXI Administrasi Perkantoran 1 diSMK Negeri 1 Kota Sorong melalui pemanfaatan Metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kolaborator. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyasa. (2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. ( 2016). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta:PTRaja Grafindo Persada.
Published
2018-07-02