Pemanfaatan Metode Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan Bagi Kelas XI Administrasi Perkantoran 1 Di SMK Negeri 1 Kota Sorong Tahun 2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Prestasi Belajar Menangani Administrasi Keuangan bagi siswaKelasXI Administrasi Perkantoran 1 diSMK Negeri 1 Kota Sorong melalui pemanfaatan Metode Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kolaborator. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) pemanfaatan Metode Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa.
Downloads
References
Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ridwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rochiati Wiriaatmadja. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, dkk. ( 2016). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Sumadi Suryabrata. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta:PTRaja Grafindo Persada.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).