Pengaruh Pendekatan Saintific Terhadap Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar

  • Ahmad Yulianto Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Mursalim Mursalim Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Alfonsina A Yumame Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
Keywords: Saintific, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres 5 Doom Kota Sorong Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimental design. Penelitian dilakukan di kelas V SD Inpres 5 Doom Kota Sorong Kabupaten Sorong dilakukan dari bulan Juli sampai Agustus 2020. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara sampel mutlak yang terdiri dari dua kelas diantaranya kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa dari kedua kelas tersebut sebanyak 50 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diperoleh mengenai keefektifan Pendekatan Saintifik , maka dapat disimpulkan bahwa Pendekatan Saintifik memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas V, hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji –t. Secara umum hasil belajar IPS kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 74,16 dan kelas kontrol 67.4. Hal ini berarti ada perbedaan antara hasil belajar IPS dikelas eksperimen dan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y.. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung. Refika Aditama.
Amiruddin. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta. Parama Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Aziz, A. Azmahani, Khairiyah M. Yusof, and Jamaludin M. Yatim. (2012). "Evaluation on the Effectiveness of Learning Outcomes from Students’ Perspectives." Procedia-Social and Behavioral Sciences 56): 22-30.
Baines, L. (2008). A Teacher Guide to Multisensory Learnin: Improving Literacy by Engaging The Sense. Alexandria: ASCD.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Dismawan, Muhammad Fajar. (2014). Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sulaiman SD Muhammadiyah Metro Pusat TP 2013/2014. Skripsi Univeritas Lampung. Lampung. Tidak diterbitkan.
Hamalik, Oemar. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Hargiyantoro, Derry. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 16 Pontianak Selatan.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.4.No3..
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. (2014). Pendekatan-pendekatan Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ibnu, Trianto. (2014). Mendesain Pendekatan Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual, Jakarta. Prenandamedia Group.
Kartiko, Restu. (2010). Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Karwono. (2017). Belajar dan Pembelajaran: serta pemanfaatan sumber belajar. Depok. PT. Rajagrafindo Persada.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendiikan Dasar.
Ketut, I. R (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD UNDIKSHA. Vol.3.No.1.
Komalasari, Kokom. (2015). Pembelajaran Kontekstual. Bandung. Refika Aditama.
Kosasih, E. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Yrama.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Nyoman, Ni. S. (2015). Pengaruh pembelajaran tematik terpadu melalui pendekatan saintifik terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Tibubeneng Kuta Utara. Mimbar PGSD Undiksha. Vol.2.No.4.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Praba, Wahyu. (2015). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Tema Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Winong, Penawangan, Grobogan Tahun 2014/2015.
Rahmani. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Saintifik Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu.Vol.27.No.2, 299-303.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana.
Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Raja Grafindo Pustaka.
Sharan, Shlomo. (2009). Cooperative Learning. Jogyakarta. Imperium.
Silaen, Sofar dan Widiyono. (2013). Metodologi Penelitian Sosial. Bogor. In Media.
Siregar, Syofian. (2013). Statistik Parametik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Bumi Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta. Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Suryosubroto, 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenanda media Group.
Trianto. (2007). Pendekatan Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya. Pustaka Ilmu.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas.
Published
2020-07-03