Motivasi Belajar Siswa melalui Model Word Square pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa melalui Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Kelas IV SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan menggunakan desain One Grup Pre Test Post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong Tahun pelajaran 2020. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas IV pada SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar siswa (pre-test dan pos-test). Teknik analisis data uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji reliabilitas pre-test 0, 718 dan pos-test diperoleh 0,767. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Kolmogrof-Smirnov dari data sebesar 0,575>0,5. Maka data tersebut diperoleh data normal. Hasil uji One Sample Test dari nilai angket motivasi pos-test diperoleh nilai thitung>ttabel (35.459>20,450), dengan besar taraf sig (2-tailed) 000,<0,5 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Word Square terhadap motivasi belajar IPA kelas IV pada SD Inpres 126 Suprau Kota Sorong.
Downloads
References
Asrori, M. (2010). Psikologi Pembelajaran. Bandung: Cv Wacana Prima, 184.
Asrul (2018). Analisis Berpikir Kreatif, Motivasi dan Penguasaan Konsep Pada Pembelajaran Model Cooperative Discovery di Sekolah Dasar. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Arikunto (2010). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.9.13.
Berlin Sani (2015). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 2 Tukadmungga.
Diah, B. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA dengan Model Pembelajaran Word Square pada siswa kelas III SD Negeri 3 Metro. https://doi.org/10.13.60
Dianawati, E. P. (2013). Penggunaan Media Word Square Dalam Memotivasi Belajar Siswa. http://www.baceneslp.edu. bruner-Word- Square. pdf , 24.
Diah, B. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar IPA Di Sdn 34 Air Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1 Tahun: 2016, 6.
Dianawati, E. P. (2013). Penggunaan Media Word Square Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas 3 Sdn 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal PGSD, Volume 06 Nomor 12 Tahun 2018 halaman 2201-2210, 24.
Eko Puji Dianawati (2013). Penggunaan Media Word Square Dalam Memotivasi Belajar Siswa Smk . Jurnal Ilmiah Guru “Cope”, No. 01/Tahun Xvii/Mei 2013.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di SD. Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86. hhttps: doi.org/DOI 10.1002/anie.200802338.
Jessy, Y. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Word Square untuk meningkatkan motivasi belajar IPA Siswa Kelas IV materi energi panas dan energi bunyi Sekolah Dasar Negeri 024 Tarai Bangun Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, 3.
Kurniasih, Berlin. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.726
Komara .(2014). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Desa Tista.
Kompri.(2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT. Rosdakarya Bandung.
Mujiman. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siwa Sekolah Dasar.
Putrii, A. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Menjelaskan Energi Alternatif Dan Kegunaannya, Kediri, halaman, 6.
Ridwan. (2013) Pegaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V Sekolah Dasar, PGSD Universitas Pendidikan Genesha, 83.
Retno Primantiko, (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar, PGSD Universitas Pendidikan Sorong, 16.
Reni Febriani 1), S. L. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Mrningkatkan Hasil Belajar Siswa , 80.
Rachmad Widodo. (2018). Penerapan Model Tgt Dengan Permainan Word Square Pada Materi Alat Pernapasan Kelas V Sdn Argotirto 01, Sumbermanjing Wetan. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/21601
Ridwan. (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa kelas V Sekolah Dasar, PGSD Universitas Pendidikan Genesha, 83.
Syaiful B,D. (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. https://www.neliti.com/publications/121359
Sofiyyah. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA pada Siswa Kelas IVb SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Kecamatan Mamajang Kota Makassar, 24.
Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing, 109.
Swapranata1, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar IPA . Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (Bioedusains) Volume 1, No 1, Juni 2018.
Shukandheni (2014). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar, PGSD Universitas Genesha,62.
Sanjaya. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Kimia Siswa. Jurnal Tentang Uji Reabilitas Instrumen Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, 47.
Sukanto, H. (2015 Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing , 109. http://doi.org/10.3354/meps243179.
Swapranata1, A. (2016). Pendekatan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meni ngkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar , Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3.
Sugiyono, (2012). Pengertian Populasi danSampel.http://jurnal.ustjogja.ac.id
Satori, K. (2011). Pengertian Observasi Terhadap Suatu Objek Yang Diteliti, http://doi.org/20.4453/meps3249.
Copyright (c) 2020 Asrul Asrul, Mariana Diana Dimara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).