Efektifitas Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) Berfilosofi General Education dalam Menumbuhkan Sikap Anti Korupsi
Abstract
Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong bukan hanya mentransfer ilmu pengetahuan atau kemampuan akademik semata namun juga mentransfer value dan keterampilan kepada mahasiswanya, salah satu yaitu melalui mata kuliah Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS). Penelitian ini memiliki dua tujuan utama. Pertama, memecahkan permasalahan krisis multidimensional serta problem menyangkut tatanan nilai hidup yang sangat menuntut adanya upaya pemecahan secara mendesak yaitu problematika korupsi serta dampak korupsi di era global yang bersifat multidimensi. Kedua, mengetahui keefektifan kuliah Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) berfilosofi General Education dalam menumbuhkan sikap anti korupsi di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu persiapan instrumen penelitian, pelaksanaan penelitian, dan analisa hasil penelitian. Desain penelitian ini adalah The One Shot Case Study Desighn dengan subjek penelitian 27 mahasiswa. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket. Maka diperoleh Hasil penelitian sudah efektifnya pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) berfilosofi General Education dalam menumbuhkan sikap anti korupsi pada mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
Downloads
References
Buku Pedoman dan Pegangan Guru: Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) tingkat SD. Dinas Pendidikan Provinsi Papua. Indonesia. 2014.
Buku Pedoman dan Pegangan Guru: Pendidikan Kecakapan Hidup Sehat (PKHS) tingkat SMP. Dinas Pendidikan Provinsi Papua. Indonesia. 2014
Family Health International. (2006). Standards for Curriculum-Based Reproductive Health and HIV Education Programs.
Good Policy and Practice in HIV&AIDS and Education. Booklet 6. Pre-service Teacher Training. UNESCO. 2011. End Programme Evaluation, Averting New HIV Infection Among Young People in Papua and West Papua. Indonesia. Education Sector Response to HIV&AIDS. Burnet Institute and Survey Meter. 2014
Hamzah, Andi (2002), Pemberantasan Sosial Ditinjau Dari Hukum Pidana, Jakarta: Penerbit Pusat Hukum Pidana Universitas Trisakti.
Hartanti, Evi (2008), Tindak Pidana Sosial, Jakarta: Sinar Grafika
It’s All One Curriculum, volume 2: Activities for A Unified Approach to Sexuality, Gender, HIV and Human Right Education. The Population Council Inc New York. 2011.
Modul Kecakapan Hidup Untuk Remaja Luar Sekolah. Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Papua dan Papua Barat. Indonesia. 2014.
Nanang, T, (2011). Pendidikan Anti Sosial untuk Perguruan Tinggi
The Population Council Inc New York. (2011). It’s All One Curriculum, volume 1: Guideline for A Unified Approach to Sexuality, Gender, HIV and Human Right Education.
UNICEF. (2012). Evaluation report, Global Evaluation of Life Skill Education Programme, UNICEF New York.
Marini, A., Maksum, A., Satibi, O., Edwita, Yarmi, G., & Muda, I. (2019). Model of student character based on character building in teaching learning process. Universal Journal of Educational Research, 7(10). https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071006
Nurlaela, L. (2019). GENERAL EDUCATION UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. 9ProsidingSeminar Nasional 2019PENGEMBANGAN KARAKTER DALAM MENGHADAPI ERAREVOLUSI INDUSTRI 4.0Surabaya, 21 September 2019, September, 45–49.
Raudeliuniene, J., Tvaronavičiene, M., & Blažyte, M. (2020). Knowledge management practice in general education schools as a tool for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/SU12104034
Silver, H. P. (2013). Sports for Character Building. American Physical Education Review, 32(5), 345–348. https://doi.org/10.1080/23267224.1927.10652545
Peraturan
UU No. 20 Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi.
United Nations Convention Against Corruption dalam bentuk UU No. 7 Tahun 2006 sebagai pengesahan atas Konvensi Perserikatan Bangsa-bangsa Antikorupsi
Copyright (c) 2022 Aldilla Yulia Wiellys Sutikno, Roni Andri Pramita, Sri Rizki Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).